Dispursip Kobar Adakan Asistensi e-Arsip Srikandi bagi ASN Bappedalitbang 

Asistensi e-arsip Srikandi di Bappedalitbang Kobar

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan melaksanakan kegiatan asistensi e-Arsip Srikandi di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kobar pada Selasa (30/4). Kegiatan ini dilaksanakan di aula Bappedalitbang.

Kegiatan asistensi e-arsip Srikandi ini dihadiri Kepala Bappedalitbang, Juni Gultom, Sekretaris, Kabid beserta staf di lingkungan Bappedalitbang Kobar. Hadir sebagai narasumber Kadispursip Kobar, M. Rosihan Pribadi dan Kabid Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan, Cici Saputri.

(Baca Juga : Menkominfo Apresiasi Edukasi Publik Lewat IoT Goes to Market)

Kegiatan asistensi e-Arsip Srikandi versi 3 dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih seluruh ASN di lingkungan Bappedalitbang agar mampu mengimplementasikan aplikasi dalam melaksanakan proses administrasi surat menyurat. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan percepatan dari implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). Sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis.

Pemaparan Materi Asistensi e-Arsip Srikandi

Kadispursip Kobar, M. Rosihan Pribadi mengatakan bahwa pelatihan penerapan e-Arsip Srikandi ini bertujuan agar administrasi pemerintahan khususnya surat menyurat dari konvensional /manual ke elektronik/digital. 

“Karena hal ini, pemanfaatan e-Arsip Srikandi ini sangat efisien dan efektif dalam pengelolaan arsip mulai dari penciptaan arsip, penyimpanan arsip/pelestarian/penghapusan arsip,” terang Rosihan.

“Muaranya SPBE ini mendukung peningkatan Indeks Pemerintahan Berbasis Elektronik Kabupaten Kotawaringin Barat,” sambungnya.

Rosihan menambahkan, dengan adanya asistensi e-arsip Srikandi di Bappedalitbang Kobar ini diharapkan mampu memberikan peningkatan kualitas SDM dalam bidang kearsipan secara lancar, akuntabel dan dinamis. 

“Selain itu, dengan penggunan aplikasi Srikandi ini membuat birokrasi menjadi efisien dan efektif, yang diharapkan bermuara pada peningkatan kinerja dan produktivitas serta penyelenggaraan kegiatan organisasi pemerintahan akan terdokumentasikan secara elektronik sebagai bukti akuntabilitas, alat bukti hukum dan memori organisasi pemerintahan,” pungkasnya.