Disperindagkop UKM Kobar Serahkan Bantuan Hibah kepada Pelaku Usaha di Desa Medang Sari

Serah terima bantuan hibah kepada pelaku usaha Mataram Jaya di Desa Medang Sari, Selasa (19/7/2022).

MMC Kobar - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Perindustrian pada Selasa (19/7), menyerahkan bantuan hibah kepada Kelompok Mataram Jaya, salah satu pelaku usaha di Desa Medang Sari Kecamtan Arut Selatan.

Bantuan hibah ini diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Perindustrian Dadang Tri Prasetyo, didampingi Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Rita Novianti. Dadang mengatakan, pemberian bantuan hibah ini guna memberikan motivasi dan semangat kepada pelaku usaha dalam menjalankan pekerjaannya.

(Baca Juga : Komitmen Berantas Narkoba, Lapas Pangkalan Bun Koordinasi dengan BNNK Kobar)

”Kelompok Mataram Jaya merupakan salah satu kelompok yang usulannya diterima pada musrenbang tahun 2021, dan menjadi usulan prioritas sehingga usulannya dapat terealisasikan tahun ini,” ujar Dadang.

Ditambahkan Dadang, Kelompok Mataram Jaya ini merupakan salah satu kelompok usaha pembuatan batako sehingga bantuan hibah yang didapat adalah mesin press batako.

“Sesuai aturan terkait dengan hibah, peralatan ini tidah boleh dipindahtangankan serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung kegiatan kelompok dan memperbesar usaha kelompok. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Dadang.

Sementara itu, Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Rita Novianti menambahkan, untuk tahun ini terdapat 8 kelompok usaha yang mendapat bantuan hibah dengan berbagai macam jenis usaha, mulai dari pembuatan batako dan paving, pembuatan tahu tempe hingga pembuatan sabut kelapa.

Sekretaris desa Medangsari Mutirnayana mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kobar melalui Disperindagkop UKM karena telah merealisasikan usulan yang telah dibuat. Ia juga menegaskan bahwa pihaknya siap menjalankan apa yang menjadi kesepakatan untuk menerima, merawat dan melaksanakan kegiatan industri. (disperindagkop ukm kobar)