Disperindagkop UKM Kobar Gelar Seminar Akhir Kajian Kelayakan PLUT KUMKM

MMC Kobar - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Bidang Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) bersama dengan CV Eastern Bangun Perkasa menyelenggarakan kegiatan Laporan Akhir Kajian Kelayakan Pembangunan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) pada Senin (11/12).

Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang UMKM Disperindagkop UKM Maryami di aula kantor Dinas Perindagkop UKM dan dihadiri peserta yang terdiri dari OPD, perwakilan kelompok UMKM Kecamatan Arut Selatan.

(Baca Juga : Sosialisasi Pengadaan Jasa Konsultansi Perencanaan dan Pengawasan serta Penguji Hasil Pekerjaan Konstruksi)

Dalam sambutannya Maryami menyampaikan, laporan akhir ini sangat berguna bagi Langkah awal dan dasar rencana pembangunan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). “Hasil Laporan Akhir Pembangunan PLUT ini adalah landasan awal perencanaan pembangunan PLUT dengan sumber dana dari APBN DAK FISIK Kementerian Koperasi dan UKM,” ujar Maryami.

Lebih lanjut Maryami menyampaikan, hasil Laporan Akhir ini diharapkan bisa segera disampaikan untuk bahan persyaratan pengajuan pembangunan PLUT KUMKM di Kabupaten Kobar. Hal ini senada dengan paparan akhir dari pihak konsultan bahwa analisis aspek pasar dan kebutuhan menunjukkan sebesar 72,5% pelaku umkm menyetujui pembangunan PLUT.

Mayoritas pelaku UMKM yang hadir dalam seminar akhir ini sangat tertarik dengan kosep desain bangunan yang ditawarkan oleh pihak konsultan. 

Yuli, mewakili UMKM Alun-alun Istana Kuning menambahkan bahwa desain percampuran Melayu, Dayak dan Eropa ini sangat menarik perhatian kami. Senada dengan Yuli, Yusi selaku Owner dari Kanaya Herbal menambahkan bahwa PLUT ini merupakan cita-citanya bersama dengan Pemkab Kobar. 

“Sudah lama kami memimpikan adanya Sentra UMKM di Kabupaten Kotawaringin Barat ini, sehingga orientasi kedepan bagi kami UMKM adalah Naik Kelas dan Go Digital,” tutur Yusi.  

Antusiasme pelaku umkm terlihat pada saat sesi diskusi, dimana mayoritas pelaku UMKM dari berbagai kelompok UMKM ini sangat setuju dan mendukung sepenuhnya akan rencana pembangunan PLUT ini dan berharap supaya pembangunan PLUT dapat direalisasikan secepatnya.