Disperindagkop UKM Kobar Adakan Pelatihan Kewirausahaan Membangun Transformasi Digital Bisnis bagi pelaku UMKM

MMC Kobar - Disperindagkop UKM Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI melalui DAK Non Fisik Tahun Anggaran 2023 pada mengadakan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Angkatan II, Senin (19/06). Pelatihan ini bertajuk “Membangun Transformasi Digital Bisnis” yang diperuntukan bai pelaku UMKM se-Kabupaten Kotawaringin Barat. 

Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 19-21 Juni 2023 di Hotel Andika Pangkalan Bun ini bertujuan agar pelaku UMKM dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan digitalisasi dalam mengelola bisnis mereka. Peserta berjumlah 25 orang pelaku UMK yang berasal dari Kecamatan Arut Selatan dan Kecamatan Kumai.

(Baca Juga : Dinas P3AP2KB Kobar Adakan Pelatihan Trauma Healing bagi Pendamping Korban Kekerasan Perempuan dan Anak)

Kepala Dinas Perindagkop UKM Alfan Khusnaini sangat mengapresiasi peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan pelatihan ini. Alfan berharap agar kegiatan pelatihan ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan menambah pengalaman dalam hal digitalisasi bisnis untuk selanjutnya diimplementasikan oleh seluruh pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka.

“Kontribusi pelaku umkm dalam menopang perekonomian nasional sangat besar dikarenakan hampir sekitar 80 persen penyerapan tenaga kerja berasal dari pelaku UMKM. Bahkan pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat pun sekitar 10-20 milyar diperuntukkan bagi pelaku UMKM,” ungkap Alfan.

Sementara itu Kabid UMKM sekaligus Ketua Panitia Maryami mengatakan, kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai digitalisasi pada bisnis. “Sehingga harapannya pelaku UMKM dapat mengoptimalkan dunia digital sebagai sarana untuk meningkatkan omset penjualan dan memperluas jangkauan pemasaran produk mereka,” ucap Maryami.

Narasumber dalam kegiatan pelatihan ini berasal dari KPP Pratama Pangkalan Bun, Universitas Antakusuma, LPSE Kabupaten Kobar, Bank BRI cabang Pangkalan Bun, dan Pengajar dari SMKN 1 Pangkalan Bun. (disperindagkopukm kobar)