Diskominfo Kobar Fasilitasi Penyusunan Arsitektur SPBE Tiap OPD

MMC Kobar – Selasa (17/10) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kobar menggelar Asistensi Penyusunan Arsitektur Data dan Informasi di Aula BKAD selama 3 hari mulai tanggal 17-19 Oktober 2023. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan bidang perencanaan dan bidang-bidang pada tiap OPD.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kobar melalui Kepala Bidang Aptika Zeno Hendra Kurniawan mengatakan bahwa penerapan SPBE perlu maksimal guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan transparan serta akuntabel, hal itu dimaksudkan agar dapat menjamin pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. 

(Baca Juga : 20 Orang Pengrajin Pemula Ikuti Bimtek IKM Wirausaha Kerajinan Rotan)

“Termasuk juga meningkatkan keterpaduan dan efisiensi antar OPD selama penyelenggaraan SPBE di Kotawaringin Barat,” tutur Zeno.

“Terdapat 6 komponen arsitektur SPBE. Dari 6 komponen arsitektur SPBE, Dinas Kominfo telah menyusun 4 komponen arsitektur SPBE, tersisa 2 arsitektur yakni arsitektur data dan informasi serta arsitektur keamanan yang sedang diselesaikan pada tahun 2023 ini,”terang Zeno.

Kegiatan asistensi dibantu oleh 3 orang perwakilan Inixindo dalam menyusun arsitektur SPBE tiap OPD. Pihak Inixindo membantu OPD dalam menyusun domain arsitektur SPBE untuk perangkat daerah atau unit kerja masing-masing. (Dsy/Diskominfo Kobar)