Dishub Kobar Monitoring Dermaga ASDP Kotawaringin di Kolam

Kegiatan pengecekan fisik Dermaga ASDP Kotawaringin. Selasa (8/9).

MMC Kobar - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan monitoring di dermaga Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kotawaringin di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) pada Selasa (8/9).

Monitoring ini dilakukan untuk memantau dan melihat langsung kegiatan/aktifitas masyarakat di Dermaga ASDP Kotawaringin. Selain itu, monitoring Dermaga ASDP Kotawaringin sekaligus mengecek kondisi fisik bangunan Dermaga.

(Baca Juga : Disnakertrans Kaji Rencana Lokasi Transmigrasi di 3 Kecamatan)

Kepala Dishub Kobar melalui Kepala Bidang Prasarana, M. Rizali menyampaikan bahwa perlu perhatian untuk Dermaga ASDP Kotawaringin, mengingat dermaga ini merupakan sarana/fasilitas naik dan turun masyarakat yang beraktifitas menggunakan angkutan sungai khususnya getek/speedboat.

“Monitoring Dermaga ASDP Kotawaringin untuk memantau kegiatan masyarakat sekitar yang menggunakan Dermaga ini sekaligus mengecek kondisi fisik Dermaga ini untuk menunjang kegiatan masyarakat sekitar,” ujar Rizali.

Saat dicek, kondisi Dermaga ASDP Kotawaringin perlu dilakukan perawatan serta peningkatan. Dermaga ASDP Kotawaringin yang dilengkapi dengan dermaga apung menjadi fasilitas penunjang aktifitas masyarakat yang menggunakan angkutan sungai.

“Pemerintah Daerah melalui Dishub Kobar telah mengusulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk perbaikan dan peningkatan pada Dermaga ASDP Kotawaringin ke Pemerintah Pusat dalam hal ini melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XVI Kalimantan Tengah,” terang Rizali.

“Saat ini status Dermaga ASDP Kotawaringin status kepemilikan aset nya masih atas nama atas nama Kementerian Perhubungan dan sekarang masih dalam proses hibah ke Pemerintah Kabupaten Kobar melalui BPTD Wilayah XVI Kalimantan Tengah,” pungkasnya. (dishub kobar)