Disdukcapil Kobar Lakukan Perekaman KTP-el bagi Warga Binaan Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun

Plt. Kepala Disdukcapil Kobar memberikan sambutan pada saat kegiatan perekaman KTP-el dikantor Lapas Pangkalan Bun, Kamis (09/03/2023)

MMC Kobar - Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Kotawaringin Barat (Kobar) bekerjasama dengan Lembaga pemasyarakatan kelas (Lapas) IIB Pangkalan Bun menggelar perekaman KTP Elektronik (KTP-el) bagi warga binaan pemasyarakatan di Kantor Lapas, Kamis (09/03).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Lapas Doni Handriansyah dan dihadiri Plt Disdukcapil Rody Iskandar. Dalam sambutannya, Rody Iskandar menjelaskan, sebanyak 407 orang warga binaan Lapas melakukan perekaman KTP-el yang terdiri dari 385 orang yg sudah memiliki KTP dan 22 orang belum memiiki KTP. 

"Data yang masuk sebanyak 588 orang setelah dilakukan pemadanan data menjadi 407 orang," kata Rody Iskandar.

(Baca Juga : Dukung Capaian Produksi Pertanian, Distan Kobar Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Tani)

“Selain perekaman E-KTP bagi warga binaan, kami akan membantu untuk pengaktifan Identitas Kependudukan Digital baik bagi pegawai maupun warga binaan Lapas,” tambah Rody.

Kepala Lapas Pangkalan Bun mengapresiasi kerjasama dalam hal perekaman E-KTP bagi warga binaan yang ada di Lapas Pangkalan Bun. Seperti yang diungkapkan Doni Handriansyah bahwa mereka sangat terbantu karena masih ada beberapa warga binaan Lapas yang belum memiliki KTP-el.

Penjabat (Pj) Bupati Kobar meninjau proses perekaman KTP-el bagi warga binaan Lapas Pangkalan Bun.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara serah terima data hasil validasi penghuni Lapas IIB Pangkalan Bun oleh Plt.Kadisdukcapil Rody Iskandar dan Kalapas Doni Handriansyah serta penyerahan secara simbolis dokumen Kartu Keluarga dari Plt Kadisdukcapil Rody Iskandar kepada Kasi Binapi dan Giatja Lapas Pangkalan Bun Peni Hadi Sutrisno.

Disaat yang bersamaan, Penjabat (Pj) Bupati Kobar Anang Dirjo, Plt Setda Juni Gultom serta Forkompinda Kobar juga menghadiri kegiatan perekaman KTP-el tersebut. Ditemui pada saat kegiatan berlangsung, Pj Bupati mengatakan akan memperhatikan sarana dan prasarana yang ada di lapas agar tetap terjaga keamanannya. Hal itu direspon dengan baik oleh Kalapas Doni Handriansyah. 

“Kami juga sudah bersinergi terkait anggaran sarana prasarana maupun pembinaan yang sudah berjalan,” ujar Doni.

“Semua berkat dukungan Pj Bupati dan dinas-dinas yang ada di Pemerintah Kabupaten Kobar,” lanjut Doni.

Doni berharap semoga Pemkab Kobar terus mendukung kegiatan yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan kedepannya. (dsy/diskominfo kobar)

Penyerahan secara simbolis dokumen Kartu Keluarga oleh Plt. Kadisdukcapil Rody Iskandar kepada salah satu pegawai Lapas Peni Hadi Sutrisno.