Dinkes Kobar Lakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Kebugaran Calon Jemaah Haji

MMC Kobar - Dalam rangka persiapan Calon Jemaah Haji Reguler (CJHR), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar pemeriksaan kesehatan dan kebugaran di halaman kantor Dinkes Kobar, Rabu (10/1).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa para calon jamaah haji dalam kondisi prima sebelum berangkat menunaikan ibadah haji. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yang di ikuti sebanyak 117 peserta calon Jemaah haji dengan 4 rangkaian pemeriksaan oleh tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya.

(Baca Juga : Bekerjasama dengan KPKNL Pangkalan Bun, Dishub Kobar Selenggarakan Lelang Parkir)

Kepala Dinkes Kobar, Achmad Rois menyampaikan rangkaian pemeriksaan yang diikuti oleh CJHR antara lain pemeriksaan medis, pemeriksaan kognitif, pemeriksaan mental dan pemeriksaan kemampuan untuk melakukan aktifitas sehari hari secara mandiri.

“Jadi rangkaian pemeriksaan ini ditujukan untuk mengukur kebugaran dan kesehatan calon Jemaah haji sehingga calon jemaah haji kita mampu memenuhi status istita’ah kesehatan bagi calon jemaah haji,” ujar Rois.

Kasie Haji Kemenag Muhammad Sanusi juga menambahkan, untuk  para calon jemaah haji Kobar  yang akan diberangkatkan tahun ini semoga sehat sehingga semua nya dapat menjalankan ibadah dan memperoleh predikat Haji dan Hajjah yang mabrur dan mabruroh. (unkw/dinkeskobar)