Dinkes Kobar Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Nakes dan Kader Posyandu Lansia

Penyerahan apresiasi kepada Kader Posyandu Lansia dengan masa pengabdian selama 17 tahun pada Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Kader Posyandu Lanjut Usia (Lansia) di aula Dinkes Kobar pada Senin (19/06)

MMC Kobar - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Kader Posyandu Lanjut Usia (Lansia) di aula Dinkes Kobar pada Senin (19/06).

Kegiatan ini diikuti oleh pengelola program lansia dari 18 puskesmas dan 18 kader posyandu lansia se-Kobar, dengan menghadirkan narasumber dari Dinkes Kobar.

(Baca Juga : Digitalisasi, Kesempatan Emas bagi Pemuda dalam Era New Normal)

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Kobar Achmad Rois menyampaikan, proses menjadi tua mengakibatkan seseorang mengalami perubahan fisik dan mental. Salah satu permasalahan yang sangat mendasar pada lansia adalah masalah kesehatan, sehingga diperlukan pembinaan kesehatan pada kelompok lansia.

(Foto Bersama) - Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Kader Posyandu Lanjut Usia (Lansia) di aula Dinkes Kobar pada Senin (19/06)

“Pelayanan kesehatan lansia di puskesmas harus dilakukan secara profesional dan berkualitas, dengan memperhatikan aspek geriatri pada lansia. Serta pelayanan juga diberikan di luar gedung Puskesmas seperti di posyandu,” tutur Rois.

Achmad Rois juga menambahkan, peran kader juga sangat berarti dalam membantu memenuhi pelayanan kesehatan lansia. Tidak hanya itu, kader juga berperan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang upaya promotif dan preventif dalam kesehatan lansia.

“Diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kemampuan bagi nakes dan kader dalam memantau kesehatan para lansia, agar lansia  tetap  sehat dan produktif,” tambah Rois. (dinkeskobar)