Dinas PMPTSP Kobar Lakukan Pendataan Potensi Investasi Daerah di Kecamatan Pangkalan Lada dan Pangkalan Banteng

Potensi wisata Patakan Eco Park yang berlokasi di Desa Lada Mandala Jaya,Kecamatan Pangkalan Lada

MMC Kobar - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan kegiatan Pendataan Potensi Investasi Daerah di wilayah Kecamatan Pangkalan Lada dan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 10-11 Mei di wilayah Kecamatan Pangkalan Lada, dilanjut pada tanggal 12-13 Mei di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng.

(Baca Juga : Taman Agro Wisata dan Taman Kelinci, Daya Tarik Wisata Kumpai Batu Atas )

Adapun pendataan potensi investasi daerah di wilayah Kecamatan Pangkalan Lada berada di Desa Lada Mandala Jaya dan Desa Pangkalan Tiga, untuk wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng berada di Desa Berambai Makmur, Desa Marga Mulya, dan Desa Pangkalan Banteng.

Kepala Dinas PMPTSP melalui Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal Supitri Handayanie pada Rabu (10/5) menyampaikan kegiatan Pendataan Potensi Investasi Daerah ini bertujuan untuk memperoleh data potensi investasi terbaru.

Potensi perikanan dan potensi wisata yaitu Kapal Wisata Susur Sungai berlokasi di Desa Pangkalan Banteng (Desa Sebukat), Kecamatan Pangkalan Banteng

“Data ini juga nantinya akan digunakan dalam pengupdatean Buku Potensi Daerah dan data potensi yang ada pada website DPMPTSP Kobar sebagai sarana informasi bagi para penanam modal yang tertarik untuk berinvestasi di Kabupaten Kotawaringin Barat melalui kegiatan pameran investasi dan kegiatan investasi lainnya,” terang Supitri.

Selain itu, lanjut Suputri, tujuan pendataan potensi investasi daerah ini juga dilaksanakan guna menghimpun data potensi yang ingin dipromosikan lebih luas guna mendapatkan investor dari luar.

Untuk Kecamatan Pangkalan Lada menurut Camat Robby Setiawan, beberapa potensi daerah yang sedang dikembangkan adalah Wisata Patakan Eco Park yang berlokasi di Desa Lada Mandala Jaya, Wahana “Situ berkah“ Tani subur di Desa Pangkalan Tiga, pengolahan pupuk organik dari limbah kelapa sawit, perkebunan jagung, dan peternakan sapi yang berlokasi di Desa Pangkalan Tiga.

Sedangkan di Kecamatan Pangkalan Banteng, Camat Sigit Imam Mulia mengungkapkan, terdapat beberapa potensi desa yang menjadi unggulan, seperti potensi sektor pertanian yang berlokasi di Desa Berambai Makmur dan Desa Marga Mulya. Kemudian di Desa Pangkalan Banteng terdapat potensi perikanan dan potensi wisata berupa Kapal Wisata Susur Sungai.

Kegiatan pendataan potensi ini merupakan kegiatan berkelanjutan pada Bidang Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal Dinas PMPTSP Kobar. (dpmptsp kobar)

Potensi desa sektor pertanian berupa tanaman padi berlokasi di Desa Marga Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng