Dinas PMD Gelar Rapat Penilaian Lomba Desa Dan Kelurahan Kategori Regional Tingkat Kabupaten Tahun 2020

Kepala Dinas PMD, Dra Hardaniyanti tengah menyampaikan sambutannya dalam rapat Penilaian Lomba Desa Dan Kelurahan Kategori Regional Tingkat Kabupaten Tahun 2020 di Aula Dinas PMD, Jum’at (14/2)

MMC Kobar - Dalam rangka persiapan penilaian Lomba Desa dan kelurahan Kategori Regional Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2020, Dinas PMD mengelar rapat bersama Tim penilai Lomba Desa dan kelurahan di Aula Dinas PMD pada Jum’at (14/2), dengan agenda rencana penentuan jadwal penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Kategori Regional Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2020.

Rapat ini dipimpin oleh Kepala Dinas PMD Kobar, Dra Hardaniyanti dan dihadiri oleh Dinas Kesehatan Daerah, Satpol PP dan Damkar, PU dan Tata Ruang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil, Badan Penangulanggan Bencana Daerah, TP PKK Kabupaten Kotawaringin Barat, Dinas P3AP2KB, Kabag Tata Pemerintahan dan Otda Setda, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

(Baca Juga : Tingkatkan Produktivitas Hortikultura, DTPHP Dorong Inovasi Tumpangsari Karet-Semangka)

Lomba Desa dan Kelurahan merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintah desa dan kelurahan beserta masyarakatnya dan memberi motivasi kepada pemerintah desa dan kelurahan beserta masyarakatnya untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan postif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Desa dan Kelurahan.

Kepala Dinas PMD Kobar, Hardaniyanti menyampaikan penilaian Perlombaan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat dilaksanakan dalam 2 kategori yaitu kategori regional dan kategori daerah.

“Pelaksanaan Perlombaan Desa Dan Kelurahan Kategori Regional Tahun 2020 dilaksanakan berjenjang dari tingkat Kecamatan, kabupaten/ kota tingkat provinsi dan tingkat regional mulai Bulan Februari - Agustus 2020,” terang Hardaniyanti.

Kemudian, lanjut Hardaniyanti, pelaksanaan Perlombaan Desa Kategori Daerah dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kecamatan, kabupaten dan tingkat wilayah mulai Mei - Juli 2020.

“Untuk perlombaan Kategori Desa dibagi dalam 3 wilayah, yaitu Wilayah Barat, Tengah dan Timur. Wilayah Barat terdiri dari Kabupaten Sukamara , Lamandau, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur dan Seruyan. Wilayah tengah, Kabupaten Katingan, Gunung Mas, Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas. Wilayah Timur, Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito selatan dan Kabupaten Barito Utara,” terangnya lagi.

Disampaikan pula melalui Kasi Evaluasi Perkembangan Desa Wahman, penilaian perlombaan Desa dan Kelurahan kategori Regional Tingkat Kabupaten/Kota didasarkan pada indikator penilaian yang terdapat dalam Permendagri Nomor 81 tahun 2015.

“Indikator tersebut meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, penataan kewilayahan dan kemasyarakatan, evaluasi bidang pemerintahan desa dan kelurahan, evaluasi bidang kewilayahan desa dan kelurahan dan evalausi bidang kemasyarakatan desa dan kelurahan, masing-masing indikator terdiri dari beberapa aspek,” terang Wahman.

Adapun jadwal rencana penilaian lomba yakni Kecamatan Aruta tanggal 20-21 Februari di Desa Peyombaan, Kecamatan Pangkalan Banteng tanggal 24 Februari di Desa Simpang Berambai, Kecamatan Arut Selatan Tanggal 25 Februari di Desa Pasir Panjang dan Kelurahan Baru, Kecamatan Kumai tanggal 26 Februari di Desa Pangkalan Satu dan Kelurahan Candi, Kecamatan Kotawaringin Lama tanggal 27 - 28 Februari di Desa Ipuh Bangun Jaya dan Kelurahan Kotawaringin Hilir serta Kecamatan Pangkalan Lada di Desa Pandu Senjaya tanggal 3 Maret 2020.

Harapanya setelah mengikuti rapat ini pelaksanaan penilaian sesuai jadwal yang sudah ditentukan, masing-masing melaporkan hasil rapat kepada pimpinan dan tindak lanjut pengiriman data penugasan personil dalam penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Kategori Regional dari Tim Penilai. (dpmd kobar)