Dinas Pariwisata Kobar Adakan Pelatihan Tourism Skill Training Front Office 

MMC Kobar - Pariwisata Indonesia pasca pandemi Covid-19 menjadi sektor unggulan yang berdampak pada perluasan lapangan kerja, peningkatan ekonomi masyarakat dan memacu perkembangan pariwisata daerah dengan potensi daya tarik wisatanya. Salah satu sektor usaha pariwisata yang mulai pulih kembali adalah jasa usaha perhotelan dan sejenisnya.

Melihat fenomena tersebut, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Tourism Skill Training Bidang Front Office yang dilaksanakan di Hotel Arsela Pangkalan Bun, Senin (23/10).

(Baca Juga : Terima Kunjungan Peserta Didik LPK Prisma, DPMPTSP Jelaskan Pelayanan Prima)

Dalam pelatihan tersebut peserta yang hadir berasal dari desa wisata, pengelola homestay serta kelompok sadar wisata se-Kabupaten Kobar. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membekali pengetahuan dasar-dasar front office dan memiliki standar kompetensi yang memadai untuk pengelolaan usaha homestay atau pondok wisata agar lebih profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan pelatihan ini dari berbagai lini, yaitu Plt Kepala Dinas Pariwisata Kobar, Perwakilan Persatuan Hotel Dan Restaurant Indonesia (PHRI), Akademisi/ Pusat Study Pariwisata Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya Plt Kepala Dispar Kobar Edie Faganti menyampaikan bahwa salah satu komponen wisata yang perlu dikembangkan untuk mendukung destinasi wisata adalah keberadaan homestay untuk memenuhi kebutuhan wisatawan saat lonjakan yang tidak bisa dipenuhi oleh akomodasi seperti hotel.

“Oleh karena itu pelatihan ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan karyawan pengelola homestay dan desa wisata dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan pengunjung,” kata Edie.

Edie Faganti juga berharap pelatihan ini dapat memberikan dampak pada peningkatan kinerja bagi kemajuan sektor pariwisata.

“Kepada para peserta pelatihan saya berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan dapat mengimplementasikan hasil pelatihan pada pengelolaan homestay masing-masing, dalam rangka meningkatkan kinerja dan komitmen kita bersama dalam meningkatkan dan memajukan sektor kepariwisataan di Kabupaten Kotawaringin Barat”, ujarnya. (dispar kobar)

Salam Pesona Indonesia, Bangga Berwisata di Indonesia Saja..