Dibantu BPBD dan Instansi Terkait, Personil Damkar Kobar Evakuasi Pohon Tumbang di Dua Lokasi

Pohon Tumbang Menimpa Gudang Sparepart di Jalan Pakunegara, Selasa (22/2) (Foto by Rz)

MMC Kobar - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Dan Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengevakuasi sejumlah pohon tumbang di Kota Pangkalan Bun setelah hujan deras disertai angin kencang pada Selasa (22/2) sore.

Kepala Satpol PP Dan Damkar melalui Kepala Bidang Damkar Dwi Agus Suhartono menjelaskan, piket mako Damkar menerima laporan dari petugas PLN Pangkalan Bun bahwa ada pohon tumbang. Kemudian ia memerintahkan regu piket untuk evakuasi pohon tumbang tersebut dan dilaksanakan di 2 lokasi yang berbeda.

(Baca Juga : Pengumuman Penerimaan Calon Anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK))

“Adapun pohon tumbang di Jalan Pakunegara Kelurahan Sidorejo menimpa gudang sparepart PT. Bukit Telawi dan kabel PLN, sehingga membuat arus lalu lintas sedikit macet,” terang Agus.

Petugas Damkar Evakuasi Pohon Tumbang di Halaman Kantor TPHP Kobar. (Foto by Rz)

Agus menambahkan pohon tumbang juga terjadi di Jalan Ahmad Yani tepatnya di halaman Kantor Dinas TPHP kobar.

"Situasi pohon yang tumbang sudah selesai dievakuasi. Petugas Pemadam Kebakaran dibantu instansi terkait yaitu BPBD, PLN, Telkom, serta Relawan Huma Singgah Itah Mendawai bersama-sama mengevakuasi pohon tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa, dalam peristiwa tersebut," tutur Agus.

Kabid Damkar juga mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Kobar dimanapun berada agar supaya berhati-hati tetap waspada dengan keadaan di sekitar yang ini saat sedang cuaca ekstrim yaitu hujan disertai angin kencang dan petir. Usahakan untuk tidak parkir kendaraan di bawah pohon atau berteduh dibawah pohon, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dan segera laporkan ke hotline kami apabila mengetahui telah terjadi keadaan yang darurat. Ingat laporan yang cepat dan tepat akan dengan cepat tertangani oleh kami," ucapnya. (rz/polppdamkarkobar)