Di Kobar Akan Dibangun SMK Perikanan dan Pariwisata

Foto Bersama: Taruna Taruni SMKN 3 Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat foto bersama Bupati Kobar Hj Nurhidayah (tengah) sebelum diberangkatkan ke Semarang Jawa Tengah guna mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat Ketrampilan Dasar Pelaut. Pelepasan Taruna Taruni SMKN 3 Kumai itu dilakukan oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Jumat (9/11) di terminal Penumpang Pelabuhan Panglima Utar Kumai. (Humas Diskominfo Kobar)

MMC KOBAR - Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah mengusulkan pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Perikanan dan Pariwisata.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, pentingnya dibangunan SMK kejuruan perikanan dan pariwisata mengingat kedua bidang tersebut di Kobar menjadi sektor prioritas pengembangan pembangunan sehingga membutuhkan Sumber Daya Manusia yang siap pakai.

(Baca Juga : Dinas PUPR Perkenalkan Building Information Modelling kepada Pelajar SMK)

"Meski untuk Sekolah Menengah Atas bukan kewenangan Kabupaten tetapi kami begitu konsen dalam pengembangan sektor pendidikan guna mewujudkan pembangunan SDM. Sehingga kami, telah mengusulkan perlunya diadakan SMK Perikanan dan Pariwisata, pengusulannya telah kami sampaikan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Tengah dan telah diteruskan ke pusat," kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah usai menghadiri pelepasan Taruna dan Taruni SMKN 3 Kumai.

Berdasarkan pengusulan itu, tambah Bupati, Kementerian Pendidikan meminta Pemkab Kobar hanya menyiapkan lahan untuk pembangunan dua SMK yang diusulkan Pemkab Kobar.

"Untuk lahan, Alhamdulillah, kita sudah siapkan, ada beberapa alternatif seperti di Kumpai Batu Atas dan eks Mess Karyawan Korindo, karena kesemuanya merupakan aset milik daerah, semoga pada tahun 2019 akan teralisasi, karena dari Kementerian sendiri telah merespon akan mendanai pembangunan sarana dan prasarananya, kita hanya diminta menyiapkan lahan saja," ujar Bupati.

Bupati juga menambahkan bahwa Pemkab Kobar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus mendorong pembangunan sektor perikanan dan pariwisata sehingga dalam pengembangannya membutuhkan sumber daya manusia.

"Dengan berdirinya dua SMK itu, berarti kita tidak kekurangan Sumber Daya Manusia, karena melalui sekolah itu anak-anak kita akan mendapatkan ilmu yang akan mampu meningkatkan dua sektor andalan yang menjadi prioritas pembangunan daerah kita," ucap Bupati. (Humas Diskominfo Kobar)