Desa Wisata Sei Sekonyer Raih Juara 2 Kategori Daya Tarik Pengunjung pada ADWI 2022

Penyerahan penghargaan ADWI 2022 kategori Daya Tarik Pengunjung. (sumber : Youtube channel Kemenparekraf)

MMC Kobar – Desa Sei Sekonyer dari Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) meraih juara 2 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 kategori Daya Tarik Pengunjung. Pengumuman dan penyerahan penghargaan ADWI 2022 dilangsungkan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Minggu (30/10) malam.

Penghargaan ADWI 2022 kategori Daya Tarik Pengunjung diserahkan langsung oleh Deputi Pengembangan Pariwisata dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sei Sekonyer.

(Baca Juga : UPUBKB Dishub Kobar Terima Kunjungan Tim Akreditasi Pengujian Kendaraan Bermotor)

Malam puncak ADWI 2022 ini dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiago Salahudin Uno, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar serta sejumlah bupati/walikota dari berbagai daerah.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kobar Wahyudi yang berkesempatan hadir pada malam puncak ADWI 2022 menyambut gembira penghargaan yang diraih Desa Sei Sekonyer tersebut. Wahyudi mengaku bangga bahwa salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Kobar mampu bersaing dengan desa wisata lain di seluruh Indonesia.

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa desa Wisata Sei Sekonyer mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjungi desa mereka,” tutur Wahyudi.

Sebelumnya, Desa Wisata Sei Sekonyer masuk nominasi 50 besar dalam ADWI Tahun 2022 setelah melewati beberapa tahapan seleksi. Tim juri dari Kemenparekraf pada tanggal 2 Oktober 2022 lalu telah melakukan penilaian ke desa wisata Sei Sekonyer. Berbagai persiapan dilakukan oleh desa wisata Sei Sekonyer dengan dukungan dari Dinas Pariwisata Kobar, stakeholder pariwisata dan UMKM yang ada di Kobar.

ADWI 2022 ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk memberikan penghargaan kepada desa wisata se-Indonesia yang berpotensi dan telah siap menerima kunjungan wisatawan. Berbagai rangkaian acara harus diikuti oleh desa-desa wisata yang masuk dalam 50 Besar ADWI 2022 yaitu olahraga bersama Menparekraf dan pameran produk desa wisata.

“Semoga ke depannya desa wisata lain di Kotawaringin Barat bisa meraih prestasi di ADWI yang akan datang,” harap Wahyudi.

Sukses Pariwisata Kotawaringin Barat. Salam Pesona Indonesia. (dispar kobar)