Dermaga Kumai Hilir Mulai Beroperasi, Dishub Kobar Lakukan Pengecekan Fasilitas Dermaga

Tim Dishub Kobar melakukan pengukuran pada jembatan masuk Dermaga Kumai Hilir, Selasa (08/03/2022)

MMC Kobar - Untuk menunjang dan menciptakan kenyamanan bagi para pengguna Dermaga Kumai Hilir dalam melakukan aktifitas penyeberangan menuju kumai seberang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Selasa (8/03) melakukan pengecekan kondisi fasilitas yang ada di Dermaga Kumai Hilir.

Kadishub Kobar melalui Kepala Bidang Prasarana Nuah Kaban, saat melakukan pengecekan secara langsung kondisi Dermaga Kumai Hilir mengungkapkan bahwa saat ini Dermaga Kumai Hilir sudah beroperasi dan perlu dilakukan perbaikan pada beberapa fasilitas penunjang yang ada di dermaga tersebut.

(Baca Juga : Rapat Koordinasi Pembukaan Jalan Menuju Desa Sebuai, Pemerintah Kecamatan Arsel Undang Dinas PUPR Kobar)

“Dermaga Kumai Hilir kini sudah beroperasi namun masih belum optimal. Dilihat dari kondisi dermaga tersebut, saat ini masih memerlukan pembenahan serta peningkatan pada beberapa fasilitas penunjang yang ada,” ungkap Nuah Kaban.

Semenjak penutupan akses Dermaga Pasar Cempaka beberapa pekan yang lalu, masyarakat yang melakukan aktifitas penyeberangan dari Kumai menuju Kumai seberang yang biasanya menggunakan akses Dermaga Pasar Cempaka, kini mulai beralih menggunakan akses Dermaga Kumai Hilir.

“Untuk menunjang dan menciptakan kenyamanan dan keselamatan pengguna dermaga, perlu dilakukan pembenahan dan penyesuaian konstruksi pada beberapa fasilitas yang digunakan untuk naik turunnya penumpang dan kendaraan roda 2 ke getek/kelotok pada Dermaga Kumai Hilir. Terkait kebutuhan perbaikan dan peningkatan dermaga tersebut akan dikoordinasikan lebih lanjut kepada pimpinan, kemudian diusulkan untuk dianggarkan,” tambahnya.

Lebih lanjut Nuah Kaban menjelaskan, diperlukan penambahan lebar pada jembatan akses masuk dermaga yang saat ini hanya 1 meter, perlu ditambahkan lagi 1 meter menjadi 2 meter. “Kemudian perlu penambahan pada plengsengan sisi depan dermaga untuk memudahkan naik turunnya penumpang dan kendaraan roda 2 dari getek/klotok di Dermaga Kumai Hilir,” tandasnya. (vgs/dishubkobar)