Ciptakan Kondisi Kamtibmas Jelang Pilkada 2024, Polres Kobar dan Satpol PP Gelar Pertemuan dengan Satlinmas se-Kobar

MMC Kobar - Dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif menjelang Pilkada 2024 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) bekerja sama dengan Kepolisian Resor (Polres) Kobar pada Kamis (13/10) menggelar pertemuan dengan Satlinmas se-Kabupaten Kobar.

Kegiatan yang bertajuk "Pembinaan dan Pemberian Arahan Kapolres Kotawaringin Barat kepada Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Se-Kabupaten Kotawaringin Barat" ini digelar di aula kantor Satpol PP dan Damkar Kobar. Sebanyak sebanyak 29 orang peserta perwakilan Linmas se-kecamatan Kobar hadir dalam pertemuan ini.

(Baca Juga : Banjir di Desa Sungai Hijau, BPBD Kobar Bantu Evakuasi dan Penyaluran Bantuan Logistik)

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Ahmad Yadi dan dihadiri Kasat Pol PP dan Damkar Majerum Purni serta Wakapolres Kobar Kompol Wihelmus Helky.  

Dalam sambutannya Wakapolres Kobar Kompol Wihelmus Helky mengatakan, kegiatan pembinaan kepada satlinmas ini diselenggarakan untuk menyamakan persepsi dalam melaksanakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari gangguan keamanan lingkungan.

“Selain itu juga, kegiatan ini sebagai upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan kebencanaan, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketentraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum, serta membantu upaya pertahanan negara,” terang Wihelmus Helky.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Ahmad Yadi juga turut menyampaikan beberapa poin penting mengenai Linmas. Ahmad Yadi mengatakan, sebagian besar orang sudah melupakan satlinmas. Para aparat keamanan lebih terfokus pada peningkatan kualitas dan kuantitas peralatan pengamanan.

"Mereka lupa, ada satlinmas yang sebenarnya memiliki fungsi vital dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat,” kata Yadi.

"Dan untuk anggaran persiapan keamanan pilkada 2024 sudah masuk dalam pembahasan anggaran tahun 2023,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasat Pol PP dan Damkar Majerum Purni menyampaikan, dalam melakukan urusan trantibum linmas Kemendagri telah membuat Aplikasi SIM Linmas.

"Melaui Aplikasi SIM Linmas ini diharapkan kepada seluruh aparatur satuan linmas di desa atau kelurahan di Kabupaten Kotawaringin Barat agar dapat memanfaatkannya dengan seluas-luasnya,” harap Majerum.

Majerum juga berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan semangat. (humas pol pp&damkar)