Cegah Pungli, Satgas Saber Pungli Kobar Lakukan Monev Penyaluran BLT BBM

Satgas Saber Pungli Kobar saat melakukan Monev penyaluran Bantuan Lansung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) di Aula Kelurahan Candi Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat Senin, (12/09/2022).

MMC Kobar - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) penyaluran Bantuan Lansung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) di kelurahan Candi Kecamatan Kumai, Senin (12/09). Kegiatan Monev dimaksudkan untuk memastikan bahwa penyaluran kepada masyarakat bebas dari pungutan liar.

Ketua tim L.K Sembiring menyampaikan bahwa Tim Satgas Saber Pungli Kobar melakukan sampling monev terhadap penyaluran BLT BBM di Kobar.

(Baca Juga : Sambut Ramadan 1439H, Presiden Sampaikan Puasa untuk Capai Derajat Takwa)

“Hari ini kami melakukan monev penyaluran di Kelurahan Candi. Minggu kemarin kami monev penyaluran BLT BBM di kantor Pos Pangkalan Bun,” Kata L.K Sembiring yang juga Kanit Tipikor di Polres Kobar.

Penyaluran BLT BBM ditambah bantuan sembako disalurkan lewat Kantor Pos di seluruh Indonesia. Di Kelurahan Candi sejumlah 136 KK yang mendapat bantuan. Per KK memperoleh bantuan sebesar Rp500.000 yang terdiri dari BLT BBM bulan September dan Oktober Rp300.000 dan bantuan sembako untuk bulan September Rp200.000.

Masyarakat tengah mengantri pengambilan BLT BBM dan bantuan sembako di Aula Kelurahan Candi Kecamatan Kumai, Senin (12/9/2022).

Lurah Candi, Said Hasyim Chan menyampaikan bahwa pihak kelurahan menyediakan tempat penyaluran agar memudahkan masyarakat unruk mengambil bantuan.

“Kami menyediakan tempat di aula kelurahan untuk penyaluran BLT BBM dan bantuan sembako. Penyaluran langsung sama petugas Pos Indonesia dan petugas pendamping PKH,” ujar Said.

“Kami fasilitasi biar dekat, namun jika ada masyarakat yang mendapat bantuan namun tidak bisa mengambil hari ini, bisa mengambil langsung nantinya di kantor Pos,” tambahnya.

Satgas Saber Pungli Kobar akan terus memantau penyaluran BLT BBM dan bantuan sembako serta bantuan pemerintah lainnya. Jika masyarakat menemukan pungli silakan langsung melapor di call center 082351280383, bisa telepon atau kirim pesan via whatsapp. (itda kobar)

Tim Monev Satgas Saber Pungli Kobar foto bersama setelah kegiatan monev.