Bupati Kobar Tegaskan Seragam Gratis Diperuntukkan Hanya Bagi Murid Baru Tidak Mampu

Bupati Kobar, Hj. Nurhidayah, SH, MH saat memberikan keterangan terkait seragam gratis bagi murid baru tidak mampu di Kantor DPRD Kabupaten Kobar, Jum'at (12/7). (humas diskominfo kobar)

MMC Kobar - Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah menegaskan bahwa tahun 2019 ini Pemerintahan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan memberikan seragam sekolah gratis bagi murid baru tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) / sederajat dari keluarga yang tidak mampu.

Program Seragam gratis ini telah diluncurkan sejak tahun 2018, peruntukannya bagi murid baru yang tidak mampu. Begitu pun untuk tahun ini seragam gratis itu hanya untuk murid baru tingkat SD dan SMP yang tidak mampu.

(Baca Juga : Pengumuman Penerimaan Calon Anggota Dewan Pengawas Perumda BPR Marunting Sejahtera)

"Ibu sering mendengar dari masyarakat masalah seragam gratis kok belum di terima, begitu ibu tanya anaknya kelas berapa ternyata duduk di kelas III. Jadi ibu tidak mau jadi polemik di masyarakat masalah seragam gratis ini, karena maunya sih semua dapat tapi hal itu berbentur dengan aturan hukum sehingga seragam gratis ini hanya untuk murid baru dari keluarga yang tidak mampu saja," tegas Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

Namun demikian lanjut Bupati, pada tahun 2020 nanti Pemkab kobar akan memberikan bantuan seragam gratis bagi semua murid baru tanpa terkecuali tetapi tetap bagi murid baru tingkat SD dan SMP /sederajat.

"Kalau tahun 2019 ini masih menggunakan Peraturan Bupati yang lama dimana hanya murid yang tidak mampu saja yang berhak mendapatkan seragam gratis sebanyak tiga Steel/ murid yakni seragam sekolah dasar yaitu merah dan putih bagi murid SD, seragam biru dan putih bagi murid baru tingkat SMP/sederajat, selain ada juga seragam pramuka dan seragam batik khas Kobar. Untuk tahun 2020 akan kami upayakan semua murid baru akan menerima seragam gratis," ujar Hj. Nurhidayah.

Sedangkan untuk tingkat SMA /sederajat kata Bupati Kobar, dirinya pernah berkonsultasi ke Provinsi Kalimantan Tengah perihal hal itu namun belum ada kebijakan mengenai pemberian seragam gratis bagi murid baru tingkat SMA sederajat.

"Ibu akan upayakan untuk murud baru tingkat SMA sederajat akan mendapatkan seragam batik khas Kobar gratis, tetapi semuanya nanti tergantung pada persetujuan DPRD pada saat pembahasan anggaran,” kata Hj. Nurhidayah. (humas diskominfo kobar)