Bupati Kobar Launching Anjungan Dukcapil Mandiri

MMC Kobar – Pada Selasa (25/11/2021) bertempat di halaman Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Bupati Hj Nurhidayah melaunching Layanan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Launching ADM ini dihadiri oleh Unsur Forkompimda, sekda, assisten, staf ahli dan Kepala OPD lingkup Pemkab Kobar, camat, lurah, kepala desa, Ketua PKK Kobar, Ketua Dharma Wanita Kobar serta tokoh masyarakat.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah dalam sambutannya mengatakan, peresmian Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) ini merupakan momentum transformasi pelayanan manual ke sistem pelayanan online. Bupati berharap melalui ADM ini mampu mempercepat dan memberikan kemudahan layanan masyarakat khususnya pengurusan dokumen kependudukan.

“Dengan adanya mesin ADM ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus perubahan data KTP-el, KK, Kartu Identitas Anak (KIA), sehingga mencegah adanya calo untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan,” kata Hj Nurhidayah.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pemusnahan 16.269.000 lembar KTP-el yang tidak valid atau rusak. Selain itu pemerintah daerah juga melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan instansi pemerintah, yakni Kementerian Agama Kotawaringin Barat, Pengadilan Agama Pangkalan Bun, Pengadilan Negeri Pangkalan Bun dan Dinas Sosial Kabupaten Kobar.

“Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi semangat baru dalam memberikan manfaat kenyamanan pelayanan kepada masyarakat serta untuk mempercepat cakupan kepemilikan dokumen kependudukan,” lanjut Hj Nurhidayah.

“Mari kita ikut bersama-sama mendorong penduduk wajib KTP untuk memiliki KTP elektronik. Karena KTP ini sangat banyak manfaatnya untuk kita dikemudian hari,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Kobar berharap semoga tugas mulia yang dikerjakan ini menjadi terobosan pelayanan yang jauh lebih baik dan bersama-sama kita memberikan pelayanan yang terbaik untuk Kobar. (diskominfo kobar)