Bupati Kobar Dorong Petani Sawit Dapatkan Sertifikasi ISPO/RSPO

Bupati Kobar, Hj, Nurhidayah didampingi Kepala Bappeda dan Kadis TPHP saat menerima kunjungan dair INOBU dan Unilever di rumah makan Meranti, Rabu (24/7). (dtphp kobar)

MMC Kobar – Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) berkomitmen untuk menjaga lingkungan, demikian disampaikan Bupati Kobar, Hj,Nurhidayah, SH, MH, ketika menerima kunjungan dari Institut Inovasi Bumi (INOBU) dan Unilever, Rabu (24/7) di rumah makan meranti, Pangkalan Bun.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa bukti keberhasilan Kabupaten Kobar dalam menjaga lingkungan adalah dengan diraihnya penghargaan Adipura 12 kali berturut-turut sebagai kota kecil terbersih di Indonesia.

(Baca Juga : BPS Hibahkan Buku Statistik ke Perpustakaan Kobar)

Selain itu Bupati juga menegaskan komitmennya untuk terus mendorong petani kelapa sawit di Kabupaten Kobar untuk mendapatkan sertifikasi ISPO/RSPO sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan.

“Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas andalan di Kotawaringin Barat. Dan sebagai bagian dari pelaksanaan RPJMD yang salah satunya adalah pembangunan pertanian dalam arti luas dimana salah satu komoditasnya adalah tanaman kelapa sawit,” terang Hj. Nurhidayah.

Hj. Nurhidayah juga menginginkan agar petani kelapa sawit di Kabupaten Kobar dapat lebih mendapat perhatian, salah satunya adalah melalui masuknya INOBU ke Kabupaten Kobar.

Dengan adanya sertifikasi ISPO/RSPO tentunya keuntungan akan sama-sama dirasakan oleh kedua belah pihak. Bagi petani akan mendapat kepercayaan dari buyer  sehingga harga jualnya baik yang pada akhirnya petani kelapa sawit akan sejahtera, dan bagi buyer juga akan mendapatkan kelapa sawit yang dikelola dengan standar sertifikasi lingkungan yang tinggi sehingga mendapatkan mutu CPO berkualitas terbaik.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada pihak INOBU maupun pihak Unilever dan berharap kerjasama yang baik ini dapat ditingkatkan kedepannya. (dtphp kobar)