Bupati Kobar dan Kadis DLH Berikan Dukungan pada Unit Bank Sampah Keliling di Area CFD

Para petugas kebersihan dan petugas unit bank sampah keliling berfoto bersama di area CFD pada Minggu (16/02). Foto: dok. DLH Kobar

MMC Kobar - Guna memasyarakatkan Gerakan Menabung Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bank Sampah Induk (BSI) Berkah Jaya Plastindo membuka layanan bank sampah keliling yagn ditempatkan di area Car Free Day (CFD) Jalan HM Rafii, Kelurahan Madurejo, Pangkalan Bun.

Kegiatan yang direncanakan dilaksanakan secara berkesinambungan mendapat dukungan penuh dari Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah serta Kepala DLH Kobar Bambang Djatmiko Trikora.

(Baca Juga : RSSI Pangkalan Bun Siapkan Alat PACS Radiologi Baru)

Menurut Bambang bahwa "Gerakan Menabung Sampah" selalu dan terus dikampanyekan dan digalakan baik melalui sosialisasi dan juga pembentukan unit-unit bank sampah yang berada di Kelurahan/Desa atau organisasi kemasyarakatan lainnya.

"Kotawaringin Barat yang berturut-turut memperoleh Anugerah Adipura, tentunya perlu melakukan inovasi-inovasi dalam pengelolaan sampah dalam upaya mewujudkan program Indonesia Bebas Sampah 2025 dengan salah satu caranya dengan membuka layanan bank sampah keliling,” ujar Bambang.

Ditambahkan pula dengan adanya unit-unit bank sampah yang tersebar di berbagai tempat diharapkan dapat lebih memacu para warga masyarakat untuk rajin menabung sampah guna memperoleh tambahan penghasilan dari barang yang dianggap tidak berguna menjadi barang yang bernilai guna.

"Kedepannya diharapkan warga masyarakat dapat lebih giat untuk mengumpulkan dan menyetorkan sampah menjadi pundi rupiah ke unit-unit bank sampah terdekat," pungkasnya. (dlh.kobar/karlan08)