TK Baiturrahim Wisata Pustaka ke Dispursip Kobar

Kedatangan anak-anak TK Baiturrahim

MMC Kobar - Wisata pustaka merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Pada Rabu (20/9), Dispursip Kobar menerima kunjungan wisata pustaka dari TK Baiturrahim. 

Kunjungan ini disambut secara langsung oleh Pustakawan Terampil Lucyana Kartikasari, Pengelola Bahan Pustaka Ricka Ayu Roselin, Tenaga Perpustakaan Linna Diana dan Sri Wahyuni di halaman Dispursip Kobar.

(Baca Juga : DPMD Kobar menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Musrenbang di 6 Kecamatan)

Pada kegiatan wisata pustaka ini, anak-anak dari TK Baiturrahim berjumlah 31 anak dan 6 guru pendamping disambut baik saat berkunjung oleh Tim Pustakawan. Anak-anak sangat antusias saat datang ke Dispursip Kobar. Sebelum memulai kegiatan, anak-anak terlebih dahulu diajak senam ceria bersama di halamaan Dispursip Kobar.

Setelah senam bersama, anak-anak terlebih dahulu diberikan informasi terkait layanan yang ada di perpustakaan oleh Tim Pustakawan.

Kegiatan meronce dan bermain anak-anak TK Baiturrahim

Linna Diana menyampaikan, anak-anak bisa ajak orang tuanya untuk berkunjung ke perpustakaan, dimana layananya buka setiap hari dari hari Senin-Minggu, kecuali hari libur nasional/hari besar tutup pukul 07.30-20.00 WIB. 

“Selain itu, anak-anak bisa jadi anggota perpustakaan dan bisa meminjam buku yang ada di ruang anak dan bisa memanfaatkan layanan yang ada,” tutur Linna.

Meronce merupakan kegiatan bermain yang menyenangkan bagi anak-anak. Oleh karena itu, anak-anak TK Baiturrahim diajak untuk meronce membuat gelang dari sedotan. Adapun manfaat dari kegiatan meronce bagi anak-anak yakni dapat melatih motorik halus kesabaran anak, melatih konsentrasi dan fokus anak serta dapat melatih dan mengasah kreativitas pada anak.

Setelah meronce untuk membuat gelang dari sedotan, anak-anak diajak ke ruang bermain anak untuk memanfaatkan Alat Peraga Edukatif (APE) yang dimiliki perpustakaan daerah, area bermain indoor serta membaca buku di ruang baca anak.

Dispursip Kobar memiliki fungsi sebagai pusat sumber belajar melalui wisata pustaka. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mendorong tumbuhnya minat baca dan literasi pada anak-anak sejak usia dini. 

Diharapkan dengan adanya wisata pustaka dari TK Baiturrahim, anak-anak bisa mengetahui keberadaan dan layanan yang ada di Dispursip Kobar serta anak-anak bisa sering berkunjung ke perpustakaan dengan mengajak orang tuanya memanfaatkan fasilitas layanan yang ada di Dispursip Kobar. (dispursip kobar)

(Foto bersama) - Tim Pustakawan dan TK Baiturrahim