Badan Kesbangpol Kobar Matangkan Pusdiklat Paskibraka Tingkat Kabupaten Tahun 2023

Kepala Badan Kesbangpol, Edie Faganti saat memimpin rapat Pemantapan Pemusatan Latihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Tahun 2023 yang di hadiri oleh para pelatih dari TNI AU Iskandar, Kodim 1014/PBN, Polres Kotawaringin Barat dan Tim Dokter dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat, pembina dan pendamping dari Persatuan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Kotawaringin Barat serta panitia dari Badan Kesbangpol Kab. Kotawaringin Barat di Aula Badan Kesbangpol, Jumat (14/7)

MMC Kobar Salah satu kunci sukses pengibaran Bendera Pusaka oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) adalah latihan rutin yang dilakukan secara sistematis dan terarah. Untuk itu Badan Kesbangpol Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) siap menjalankan amanah untuk menyiapkan pemuda-pemuda terbaik yang telah menjalani proses seleksi ketat tersebut dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Kobar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kesbangpol, Edie Faganti saat memimpin rapat Pemantapan Pemusatan Latihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Tahun 2023 yang dihadiri oleh  para pelatih dari TNI AU Iskandar, Kodim 1014/PBN, Polres Kobar dan tim dokter dari Dinas Kesehatan, pembina dan pendamping dari Persatuan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) serta panitia di aula kantor Badan Kesbangpol Kobar, Jumat (14/7).

(Baca Juga : Bangun Ruang Publik yang Sehat dan Bebas dari Ketakutan)

"Kami berharap dalam pelaksanaan Pusdiklat Paskibraka yang akan diikuti oleh 70 calon Pasukan Paskibraka Tingkat Kabupaten Tahun 2023 ini selain bisa baris-berbaris tetapi yang terpenting dapat membentuk sikap atau karakter pemuda-pemuda kita sebagai calon kader-kader pemimpin yang mampu adaptif terhadap perubahan dan menjawab tantangan masa depan di tingkat lokal maupun global,” ujarnya.

Edie menjelaskan, dalam pelaksanaan pusdiklat nanti adalah dalam rangka membentuk paskibraka yang akan bertugas dalam pengibaran bendera merah putih dalam momen upacara peringatan HUT ke-78 RI agar pada puncak upacara tanggal 17 Agustus mendatang dapat berjalan hikmad dan lancar.

Para pelatih Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Tahun 2023 dari TNI AU Iskandar, Kodim 1014/PBN dan Polres Kotawaringin Barat saat mengikuti rapat Pemantapan Pemusatan Latihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Tahun 2023 di Aula Badan Kesbangpol, Jumat (14/7)

"Saya sampaikan kepada semua peserta rapat hari ini bahwa koordinasi harus dibangun dan dijaga serta diperlukan kerjasama dari seluruh tim agar dalam pelaksanaan pusdiklat Paskibraka nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses," pesannya.

Disamping itu, ia juga meminta untuk terus dilakukan cek dan ricek, dan jangan sampai ada hal-hal yang justru menjadi kendala di saat pelaksanaan kegiatan nantinya.

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa peserta nanti akan menjalani pemeriksaan kesehatan Medical Check-Up (MCU) untuk memastikan kondisi kesehatan mereka sebelum melaksanakan tugas mengibarkan bendera sang saka merah putih pada tanggal 17 Agustus 2023.

Pelaksanaan Pusdiklat Paskibraka Tingkat Kabupaten Tahun 2023 akan dilaksanakan selama 16 hari terhitung mulai tanggal 3-18 Agustus 2023. Selama 7 hari di Mako Lanud Iskandar akan difokuskan pada pelatihan PBB dan pembentukan sikap mental calon paskibraka mendatang. Sisanya selama 8 hari di Hotel Andhika untuk menjalani latihan kesiapan pelaksanaan tugas pengibaran bendera merah putih pada puncak HUT RI ke  78 Tahun 2023 dan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024.

Selama menjalani karantina peserta akan didampingi 24 jam oleh tim pelatih dari TNI/POLRI serta tim kesehatan dan psikolog Kabupaten Kobar. (humas kesbangpol)