Bupati Kobar Buka Festival Pelajar Tingkat Kabupaten Tahun 2019

Foto Bersama Bupati Kobar Hj. Nurhidayah dan peserta usai membuka Festival Pelajar Tingkat Kabupaten Tahun 2019 di Taman Bundaran Pancasila, Rabu (20/03/2019). (humas diskominfo kobar)

MMC Kobar - Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah secara resmi membuka kegiatan Festival Pelajar Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2019, Rabu (20/03). Sejumlah siswa dari berbagai sekolah tingkat SD/MI dan SMP /MTsn se Kabupaten Kobar turut serta untuk unjuk kebolehan masing-masing untuk menjadi yang terbaik.

Bupati Kobar menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting sebagai bagian dari sistem pembinaan siswa yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah terutama untuk menjaring atlet-atlet berbakat dalam bidang olahraga dan seni di Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : 12 Agustus, Pasar Ternak Dimulai )

“Penting bagi daerah untuk membina dan melahirkan bibit-bibit berbakat, untuk dikembangkan secara berkelanjutan, agar menjadi andalan dan bisa mengharumkan nama daerah nantinya,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati Kobar juga menjelaskan dalam menorehkan prestasi, melalui festival pelajar peserta telah berkompetisi dan yang keluar sebagai juara nantinya adalah yang terbaik, sehingga nantinya peserta yang lolos bisa diproyeksikan untuk mengikuti ajang lomba-lomba selanjutnya baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Yang lolos pada seleksi ini nanti sebagai acuan bagi daerah untuk mengasah kemampuannya lagi ditingkat yang lebih tinggi,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Disdikbud Kobar Rosehan Pribadi mengatakan, festival pelajar dilaksanakan secara serentak mulai dari tingkat sekolah SD hingga SMP agar pemerintah lebih mudah menjaring siswa-siswi berprestasi. Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wahana kompetisi dalam bidang ilmu pengetahuan, olahraga, dan seni budaya dalam upaya komperhensif untuk menumbuhkembangan budaya, krativitas anak, dan motivasi dalam berprestasi.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam bidang akademik yang berasaskan pendidikan karekter yang berakar pada budaya Indonesia,“ ujar Rosehan.

Rosehan juga menjelaskan, festival pelajar juga berguna untuk memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa maupun guru dalam meningkatkan prestasi belajar dan membina pelesatarian seni dan budaya khususnya di Kobar, serta mengembangkan jiwa sporifitas, kompetitif, rasa percaya diri dan tangung jawab kepada para siswa.

“Diharapkan melalaui kegiatan ini terjadi geliat pengembangan inovasi, kerativitas pendidikan di kobar,“ jelasnya.

Sehingga, Rosehan meneruskan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberi dampak positif dalam pengembangan kreativitas masyarakat dalam upaya mendukung pemerintah terutama dalam sektor pariwisata.

Kegiatan Festival Pelajar Tahun 2019 ini diikuti total 572 siswa tingkat SD/MI SMP/MTs se Kabupaten Kobar, dengan kategori lomba FLS2N SD/MI, FLS2N SMP/MTs, OSN SD, OSN SMP, dan O2SN SD.

Acara pembukaan Festival Pelajar ini semakin meriah karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Bupati Kobar, Hj. Nurhidayah yaitu pada tanggal 20 Maret 2019. Panitia dan tamu undangan serta para peserta Festival Pelajar secara spontan memberikan kejutan berupa Kue Ulang Tahun sebagai ucapan selamat ulang tahun kepada orang nomor satu di Kobar itu.

Di ulang tahunnya yang ke - 44 ini, dengan penuh rasa haru Hj. Nurhidayah mengucapkan terima kasih atas kejutan yang diberikan karena secara tidak langsung memberikan semangat kepada beliau untuk bisa memberikan sumbangsih yang lebih lagi demi pembangunan Kabupaten Kobar.

“Semoga di usia saya saat ini dapat memberikan kontrubusi yang positif bagi daerah ini, terutama dalam membangun yang lebih baik lagi,” ungkap Nurhidayah. (humas diskominfo kobar)