Bupati Kobar Bagikan Satu Juta Masker

Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, SH., MH., sedang membagikan masker pada masyarakat di kawasan CFD, sebagai langkah antisipasi dan penanggulangan merebaknya virus Corona (8/3)

MMC Kobar - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah,SH.,MH., bersama tim darurat terpadu antisipasi Virus Corona yang melibatkan Dinas Kesehatan Kobar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar membagikan satu juta masker kepada masyarakat di kawasan Car Free Day (CFD), Minggu (8/3/2020).

Usai membagikan masker, Bupati mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat bukan saja membagikan masker tetapi juga melakukan himbauan kepada masyarakat untuk membiasakan hidup sehat.

(Baca Juga : Badan Kesbangpol Provinsi Berikan Pendidkan Politik Kebangsaan kepada Mahasiswa Kobar)

"Dengan adanya pengumuman resmi dari Pemerintah Pusat bahwa Indonesia telah positif masuknya virus Corona atau Covid-19, hal itu menjadi keprihatinan bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kobar, di tengah keprihatinan itulah, Tim Terpadu yang telah kita bentuk dalam rangka mengantisipasi dan penanggulangan virus Corona mengambil langkah cepat dan terpadu agar Virus Corona itu tidak masuk di Kobar, " ujar Bupati Kobar Hj Nurhidayah didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kobar Achmad Rois.

Bupati juga menambahkan, membagikan satu juta masker merupakan gerakan bersama karena situasi kedaruratan kesehatan ini menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

" Saat ini masyarakat resah karena mulai langkanya masker ini dan pembagian masker pun tidak merata hingga ke daerah, atas dasar itu lah kami melakukan gerakan bersama ini, selain membagikan masker, kami pun membagikan brosur kepada masyarakat agar masyarakat mulai membiasakan diri melakukan pola hidup sehat, virus Corona ini bisa kita cegah apabila kita bertekad untuk hidup sehat, hal ini yang selalu kami ingatkan kepada masyarakat," tegas Hj. Nurhidayah.

Bupati mengatakan bahwa Pemkab Kobar melalui Dinas Kesehatan terus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat dimana sosialisasi itu di sampaikan hingga ke desa, agar situasi darurat virus Corona ini tidak membuat masyarakat takut dan resah, meskipun Virus Corona saat ini telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa.

" Agar tidak terkena infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan. Mulai dari sering cuci tangan pakai sabun, gunakan masker, konsumsi gizi seimbang, hingga perbanyak sayur dan buah. Selain itu hati-hati juga kontak dengan hewan, kita pun harus  rajin olahraga dan istirahat cukup, jangan mengkonsumsi daging tidak dimasak dan bila batuk pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas Kesehatan,” papar Hj. Nurhidayah.

"Sebelum adanya pengumuman resmi dari Pemerintah Pusat perihal virus Corona itu, kami pun telah melakukan persiapan antisipasi masalah, mulai dari ketersediaan tenaga kesehatan di RSUD Sultan Imanudin Pangkalan Bun dan menyiapkan ruangan isolasi hingga pemeriksaan di pintu masuk baik udara dan laut. Semua instansi bersinergi dalam upaya pencegahan Covid - 19 ini, " pungkasnya.(humas diskominfo)