Bupati Hj Nurhidayah Canangkan Desa Pasir Panjang Sebagai Desa Bersinar

MMC Kobar - Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah mencanangkan Desa Pasir Panjang sebagai Desa Bersih Narkoba (Bersinar). Dalam kegiatan yang dilangsungkan di gedung serbaguna Surya Laman pada Rabu (17/11) ini juga dilakukan pengukuhan Satgas Anti Narkoba Desa Pasir Panjang.

Bupati Hj Nurhidayah berharap pencanangan desa yang berada tidak jauh dari pusat kota ini menjadi desa bersinar menjadi percontohan bagi desa-desa lain di dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Bupati juga mengatakan selain menjadi bagian dari melawan peredaran narkoba dan berbagai tindakan yang dapat mengganggu kondusifitas dan keamanan daerah, pencanangan desa bersinar juga merupakan langkah untuk merekatkan persatuan masyarakat dalam rangka membangun desanya.

“Kita harus sadari bahwa salah satu faktor yang paling penting dalam sebuah pembangunan adalah adanya stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Jika masyarakatnya aman, tenteram, damai dan rukun, maka tentu saja pemerintah akan bisa melaksanakan pembangunan dengan lancar,” kata Hj Nurhidayah. 

Hj Nurhidayah mengaku jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar sangat mendukung penuh program kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, agar masyarakat memiliki pengetahuan akan sikap anti penyalahgunaan narkoba, desa memiliki potensi dan kekuatan besar dalam melawan narkoba.

“Upaya pencegahan dan penanggulangan permasalahan narkoba bukan hanya tanggung jawab pemerintah, BNN atau kepolisian saja, tetapi menjadi tanggung jawab kita semuanya. Dengan begitu jalinan koordinasi dan sinergitas diantara lembaga pemerintah, masyarakat dan dunia usaha harus terjaga dan ditingkatkan,” ujar Bupati. 

Dalam kesempatan ini Hj Nurhidayah juga menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada para penggiat anti narkoba yang telah bersedia menjadi sukarelawan dalam mewujudkan desa Pasir Panjang menjadi desa Bersinar.

“Semoga ini tidak hanya kegiatan seremonial saja, tetapi akan ada keberlanjutan program. Lebih dari itu setelah dicanangkan, Desa Pasir Panjang mampu menjadi sebuah contoh positif dan melahirkan prestasi nyata bagi penanganan permasalahan narkoba di Kabupaten Kotawaringin Barat,” imbuhnya. (prokom kobar)