Bulan Puasa, Disdukcapil Jemput Bola ke Desa Kumpai Batu Bawah

MMC Kobar - Bulan Puasa bukan alasan bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat (Disdukcapil Kobar) untuk menunggu penduduk mengurus penerbitan dokumennya di kantor, tetapi di bulan ini Disdukcapil Kobar tetap melakukan jemput bola Pelayanan Dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) pada penduduk yang tidak mampu datang ke kantor.

Kegiatan jemput bola tersebut menyasar ke Desa Kumpai Batu Bawah Kecamatan Arut Selatan dan bertempat di Aula Gedung Desa Kumpai Batu Bawah, Sabtu (1/5). Tim dari Disdukcapil Kobar melakukan perekaman KTP-el dan penerbitan dokumen kependudukan bagi warga desa Desa Kumpai Batu Bawah dan desa tetangganya seperti Desa Tanjung Terantang dan Desa Tanjung Putri.

“Kami ingin semua penduduk di Kabupaten Kotawaringin Barat terlayani hak-hak dasarnya mendapatkan dokumen kependudukan, makanya begitu ada permohonan dari pemerintah desa untuk pelayanan langsung kami jadwalkan, walaupun kegiatan tersebut dilaksanakan saat bulan puasa,’’ kata Kepala Disdukcapil Kobar, H. Gusti M. Imansyah.

Pelayanan jemput bola dokumen Adminduk ini memang sudah menjadi komitmen Disdukcapil Kobar. Selain untuk melayani hak dasar warga negara, juga untuk meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan penduduk Kabupaten Kobar secara umum dan Khususnya Penduduk yang berada di ketiga desa tersebut.

Pada kegiatan tersebut tercatat 16 orang melakukan perekaman KTP-el, 179 Orang mengajukan pencetakan KTP-el, 88 orang mengajukan permohonan Kartu Keluarga, 99 Anak mengajukan Kartu Identitas Anak (KIA), 80 orang mengajukan Akte Kelahiran dan 16 orang mengajukan Akte Kematian. (disdukcapil kobar)