BPTD Kalteng Lakukan Kalibrasi Alat Uji Kir di UPT PKB Dishub Kobar

Tim Kalibrasi dari BPTD Kalteng melakukan kalibrasi pada alat uji kendaraan bermotor di UPT. PKB Dishub Kobar, Selasa (12/10). (foto : dishub kobar)

MMC Kobar - Tim Kalibrasi dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XVI Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Rabu (12/10) melakukan kalibrasi alat uji berkala kendaraan bermotor (Kir) di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Kepala UPT PKB Dishub Kobar Dwi Wijaya melaporkan, ada sembilan alat yang dilakukan kalibrasi oleh tim dari BPTD Kalteng. Hal ini bertujuan untuk memastikan peralatan pengujian kendaraan bermotor berfungsi dan memiliki akurasi yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Dirjen Hubdat.

(Baca Juga : Banjir di Desa Sungai Hijau, BPBD Kobar Bantu Evakuasi dan Penyaluran Bantuan Logistik)

“Sembilan peralatan pengujian kendaraan bermotor diantaranya alat uji rem, alat uji emisi diesel, alat uji emisi mesin bensin, alat uji kebisingan, alat uji kemiringan roda, alat uji penunjuk kecepatan, alat uji daya pancar lampu, alat pengukur kegelapan kaca, serta timbangan statis dan portabel,” jelas Dwi Wijaya.

Dwi Wijaya menambahkan semua perlatan pengujian kendaraan bermotor yang ada di UPT PKB Dishub Kobar juga rutin dilakukan perawatan. Sehingga peralatan-peralatan tersebut dalam berfungsi dan dalam kondisi baik.

“Seluruh peralatan uji berkala kendaraan bermotor di UPT PKB Dishub Kobar setelah dilakukan kalibrasi oleh tim dari BPTD Kalteng, peralatan-peralatan tersebut dinyatakan akurat dan memenuhi standar untuk bisa digunakan pada kegiatan uji berkala,” pungkas Dwi Wijaya.

Kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa akurasi suatu alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kegiatan kalibrasi pada alat uji Kir di UPT PKB Dishub Kobar rutin dilakukan setiap tahunnya. Hal tersebut menjadi kewajiban yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubda) Kementerian Perhubungan. (vgs/dishubkobar)