BPSDMP Kominfo Banjarmasin Adakan Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy di Kobar

Kepala Dinas Kominfo Kobar, Rody Iskandar bersama panitia dan Trainer DEA yang diselenggarakan BPSDMP Kominfo Banjarmasin di Brits Hotel Pangkalan Bun, Rabu (31/8/2022)

MMC Kobar – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Banjarmasin menyelenggarakan Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu (31/8). Pelatihan yang digelar di Ballroom Brits Hotel Pangkalan Bun ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kobar, Rody Iskandar.

Dalam sambutannya, Kepala Diskominfo Kobar, Rody Iskandar menjelaskan, terbatasnya pengetahuan, pengalaman, keterampilan, serta motivasi masyarakat Indonesia menjadi suatu tantangan tersendiri dalam mewujudkan ketersediaan lapangan pekerjaan, terlebih lagi persaingan di era digital semakin ketat.

(Baca Juga : Jelang Idul Adha, Dishub Kobar Lakukan Pemantauan Angkutan Sungai di Dermaga Pasar Cempaka Kumai)

“Hal tersebut tentunya memerlukan edukasi dan pelatihan kompetensi sebagai pembekalan awal. Dengan ide yang kreatif dan inovatif, para wirasusaha diharapkan mampu meningkatkan daya saing, mampu mencipta dan berkarya,” terang Rody.

Lebih lanjut Rody menuturkan, kegagalan dalam membangun usaha di era digital dapat diminimalisir dengan cara memperbanyak literasi pembelajaran baik secara offline maupun online.

Kepala Dinas Kominfo Kobar Rody Iskandar menyampaikan paparannya dalam pembukaan Pelatihan DEA di Brits Hotel Pangkalan Bun, Rabu (31/8/2022)

”Termasuk pelatihan yang akan dilaksanakan selama dua hari ini berupa Digital Entrepreneurship Academy yang difasilitasi oleh BPSDM Kementerian Kominfo Banjarmasin dan dibimbing oleh trainer yang berpengalaman,” imbuhnya.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Rody menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Kementerian Kominfo RI melalui BPSDM Banjarmasin yang telah memilih dan memberikan kesempatan kepada digital entrepreneur Kabupaten Kotawaringin Barat untuk mengikuti DEA ini.

“Melalui pelatihan DEA ini diharapkan akan melahirkan digital entrepreneurship yang mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mendukungan usahanya secara maksimal, sehingga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Terutama pasca pandemi di Kotawaringin Barat yang kita cintai,” pungkasnya menutup sambutan.

Panitia Pelatihan DEA BPSDMP Kominfo Banjarmasin, Biandina Meidyani menyampaikan bahwa DEA tahun 2022 merupakan salah satu akademi pada program Digital Talent Scholarship (DTS) yang bertujuan untuk mencetak pewirausaha digital baru, upskilling pewirausaha digital maju, dan pengembangan kewirausahaan digital di desa yang inklusif.

“Dalam skala nasional, DEA tahun 2022 memberikan pelatihan non sertifikasi kepada 60 ribu peserta. Untuk kegiatan DEA di Kabupaten Kobar ini memiliki tema “Dasar-Dasar Kewirausahaan Digital”,” kata Biandina.

Pelatihan ini diikuti 100 peserta yang merupakan pelaku UMKM di Kabupaten Kobar dan  dilaksanakan dalam 2 gelombang. Pada gelombang I dilaksanakan tanggal 31 Agustus-1 September 2022, dan gelombang II tanggal 2-3 September 2022. (fnd/diskominfo kobar)

(Foto Bersama) - Kepala Dinas Kominfo Kobar bersama panitia, trainer dan peserta pelatihan DEA.