BPDAS-HL Kahayan Lakukan Verifikasi Lapangan Paska Pembagian Bibit Buah-Buahan Tahun Lalu

Tim BPDAS-HL Kahayan didampingi perwakilan dari DLH Kobar berfoto bersama di salah satu kebun warga yang telah menerima bantuan bibit tanaman buah-buahan usai melakukan verifikasi lapangan pada Minggu (8/3/2020). Foto: dok DLH Kobar

MMC Kobar - Minggu (8/3/2020) Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai- Hutan Lindung (BPDAS-HL) Kahayan melalui tim yang ditunjuk melakukan verifikasi lapangan paska pembagian bibit tanaman buah-buahan kepada masyarakat melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada tahun lalu. 

Adapun bibit tanaman buah-buahan yang disalurkan tahun lalu sebanyak lebih kurang lima ribu pohon yang terdiri dari delapan jenis tanaman buah-buahan diantaranya bibit durian, mangga, rambutan, jambu kristal dan lain-lain.

(Baca Juga : Peringatan Hari Bhayangkara, Pj Bupati Harap Sinergitas Pemda, Polri, TNI dan Masyarakat Terus Ditingkatkan)

Menurut Pejabat Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Pertama Nurul Hidayah saat ditemui di lapangan mengatakan bahwa pihaknya melakukan pengecekan ke lapangan untuk memastikan apakah bantuan bibit diberikan sudah tersalurkan ke masyarakat, apakah sudah ditanam oleh masyarakat dan apakah bibitnya masih hidup. 

"Tujuan verifikasi ini adalah untuk memastikan apakah bibit yang kami bagikan benar-benar tersalurkan ke masyarakat, sudah ditanam atau belum oleh warga dan apakah bibit yang sudah ditanam tersebut masih hidup," ungkap Nurul. 

Lebih lanjut dikatakan, apabila verifikasi lapangan ini sesuai dengan yang dilaporkan, ada kemungkinan tahun-tahun berikutnya bibit tanaman buah-buahan akan disalurkan lagi ke Kabupaten Kobar melalui DLH Kobar. "Apabila hasil verifikasi lapangan sesuai dengan yang dilaporkan oleh DLH Kobar, ada kemungkinan kami akan menyalurkan lagi bibit-bibit tersebut ke Kobar," tandasnya. 

Sementara itu, menurut Kepala DLH Kobar Bambang Djatmiko Trikora mengatakan untuk mendampingi tim dari BPDAS-HL Kahayan, DLH Kobar menugaskan dua orang Kepala Seksi dibantu dengan staf untuk menunjukkan lokasi kebun masyarakat yang telah menerima bantuan bibit tanaman buah-buahan tersebut. 

"Saya telah menunjuk dua orang Kasi yang membidangi pengelolaan dan penyaluran bibit-bibit tersebut untuk mendampingi tim ke lapangan," jelas Bambang. 

Adapun salah satu lokasi yang menjadi uji petik adalah lokasi kebun milik Bapak Simanjuntak yang berlokasi di jalan Translik, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan. 

"Semoga hasil verifikasi di lapangan sesuai dengan apa yang telah kami laporkan beberapa waktu lalu. Sehingga tahun ini atau tahun depan, Pemkab Kobar melalui DLH Kobar kembali mendapat bantuan bibit untuk warga masyarakat Kobar," pungkas Bambang. (dlh.kobar/karlan08)