BPBD Kobar Latih 25 Kader Penanggulangan Bencana Kelurahan Kumai Hulu

Peserta mengikuti sesi materi praktek Pelatihan Kader Penanggulangan Bencana pada Selasa (29/11) di Kelurahan Kumai Hulu Kecamatan Kumai.

MMC Kobar - Wilayah dengan potensi bencana yang tinggi perlu kesiapan dari elemen masyarakatnya juga. Karena itu, pada Selasa (29/11), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengisi Pelatihan Kader Penanggulangan Bencana di Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai.

Sebanyak 25 orang perwakilan dari pemuda dan tokoh masyarakat Kelurahan Kumai Hulu mengikuti rangkaian acara tersebut. Kepala Pelaksana BPBD Kobar melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pahrul Laji mengatakan jika tujuan kegiatan ini sebagai peningkatan kapasitas masyarakat dalam penanggulangan bencana

(Baca Juga : Luncurkan Program OPAL, Plt. Kepala DKP Kobar di Akhir Masa Tugas)

"Pelatihan ini dibutuhkan agar pemahaman tentang penanggulangan bencana, khususnya di wilayah mereka, bisa dilakukan sesuai dengan prosedur yang baik dan benar," ungkapnya.

Beberapa materi yang diberikan antara lain pengenalan secara umum penanggulangan bencana, pengenalan bencana alam, teknik penyelamatan dan pertolongan dasar hingga proses evakuasinya.

"Antusiasnya tinggi sekali. Apalagi saat pemberian materi praktik dimana segala yang disampaikan di teori langsung diaplikasikan," ujar Pahrul.

Pahrul berharap dengan kegiatan ini, para kader bisa memahami serta turut menyebarkan ilmu ini kepada masyarakat lainnya. "Agar wawasan ini juga bisa diketahui tidak hanya dari kader, tapi juga warga sekitarnya," harapnya. (bpbd kobar)