BPBD Kobar Hadiri Rangkaian Peringatan Bulan PRB 2024 di Banda Aceh

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kotawaringin Barat Syahruni Menghadiri Rangkauan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2024 di Banda Aceh (8/10) kemarin.

MMC Kobar - Sebagai salah satu rangkaian dari Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) turut serta menghadiri salah satu acara yang berlangsung Selasa (8/10) di Kota Banda Aceh, Aceh.

Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni menghadiri acara bertema “Sosialisasi Inovasi Pembiayaan Risiko Bencana Dalam Memperkuat Ketahanan Pemerintah Daerah Terhadap Bencana”. Kegiatan ini berlangsung hingga Kamis (10/10) mendatang. Dan puncak acara akan dilaksanakan di Balai Meuseuraya Aceh, Kota Banda Aceh.

(Baca Juga : Bupati Meminta Kepala SOPD Melakukan Pembenahan Korektif)

Tujuan dari penyelenggaraan sosialisasi tersebut yakni mensosialisasikan pembangunan dan operasionalisasi strategi Pembiayaan Risiko Bencana, mensosialisasikan pembangunan dan operasionalisasi Asuransi Barang Milik Negara (ABMN) sebagai salah satu instrumen Pembiayaan Risiko Bencana, dan Mensosialisasikan peran BPDLH dalam Dana Bersama Penanggulangan Bencana.

“Pemerintah Daerah merupakan salah satu penerima manfaat untuk Dana Bersama Penanggulangan Bencana, yang perlu tersosialisasi mengenai program, peraturan dan kebijakan, serta mekanisme pengajuannya,” ungkap Syahruni. 

Menurutnya, momen peringatan Bulan PRB tahun 2024 ini menjadi saat yang tepat sebagai Knowledge Sharing terkait pembangunan dan operasionalisasi inovasi Pembiayaan Risiko Bencana dalam rangka mendukung ketahanan pemerintah daerah terhadap bencana.

Selain kegiatan sosialisasi, peringatan bulan PRB 2024 kali ini juga diisi dengan penanaman pohon serta ziarah makam massal di Kawasan Gampong Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh yang merupakan lokasi terjadinya tsunami 26 Desember 2004 silam. (bpbd kobar)