Bersama Warga Kumai, DLH Kobar Gelar Giat Jumat Bersih di TPS Pasar Tanjung Puting

Gerakan Jumat Bersih di TPS Pasar Tanjung Puting, Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai, Jumat (29/01/2021). Foto: dok. DLH Kobar

MMC Kobar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sebagai leading sector pelaksanaan Jumat Bersih kembali mengelar kegiatan Jumat Bersih yang merupakan implementasi Instruksi Bupati Kobar Nomor 600/456/VII/2017 tentang Gerakan Jumat Bersih, dimana giat tersebut telah dilaksanakan secara rutin di tiap minggunya.

DLH Kobar melalui Tim Buser Kebersihan berjumlah 20 orang dengan armada 2 unit roda 3, didampingi Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) dan Kasi Pengurangan Sampah pada Jumat (29/01) dibantu masyarakat dan aparatur pemerintahan setempat melaksanakan Jumat Bersih dengan menyasar lokasi TPS pasar Tanjung Puting di Kecamatan Kumai.

(Baca Juga : Taman Agro Wisata dan Taman Kelinci, Daya Tarik Wisata Kumpai Batu Atas )

Kepala DLH Kobar melalui Kabid PSLB3 M. Robiannor mengungkapkan bahwa TPS Pasar Tanjung Puting menjadi lokasi tujuan Jumat Bersih kali ini dikarenakan adanya tumpukan tanah di dalam lokasi TPS yang menghambat warga dalam membuang sampah ke TPS tersebut.

“Selain membersihkan tumpukan tanah di lokasi TPS kami juga membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sekitar area TPS untuk memudahkan masyarakat membuang ke dalam TPS tersebut,” ujar Robi.

“Diharapkan masyarakat dapat menjaga kebersihan lokasi TPS dengan membuang sampah ke dalamnya sehingga memudahkan petugas angkutan sampah DLH dalam pengambilan sampahnya,” harapnya.

“Disamping itu pula lokasi lokasi TPS berdekatan dengan pelabuhan wisata ke TNTP sebagai salah satu pintu gerbang masuknya wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga kami harus terus memastikan kondisi TPS tetap terkontrol dan sekaligus memberikan penyadaran kepada warga sekitar agar tidak asal saja membuang sampah di TPS tapi benar-benar dibuang ke dalam TPS. Sehingga predikat Kota Kecil Terbersih benar-benar dijaga marwahnya,” pungkasnya. (dlh.kobar)