Bersama DLH, BPBD Kobar Pangkas Pohon Rawan Tumbang di Tepi Jalan

Proses pemangkasan pohon di Jalan Iskandar, Kelurahan Madurejo bersama DLH dan instansi terkait pada Selasa (7/6).

MMC Kobar - Kondisi pohon yang lapuk dan berdahan besar di pinggir jalan terkadang bisa membahayakan masyarakat yang melintas. Dalam upaya untuk mengantisipasi terjadinya hal itu, maka dilakukan pemangkasan hingga penebangan pohon tersebut.

Pada Selasa (7/6), Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menindaklanjuti laporan warga untuk mengkondisikan pohon yang ada di beberapa titik, yakni di Jalan Iskandar dan Jalan HM Rafi'i. Pelaksanaan penanganan ini dilakukan bersama dengan instansi terkait dari Dinas lingkungan Hidup (DLH), Damkar Kobar, personil Telkom dan PLN.

(Baca Juga : Ratusan Wisatawan Cruise MV Ocean Odyssey Kunjungi Tempat Wisata di Kobar)

"Dari laporan warga dan permohonan dari pihak terkait, personil kami turut serta dalam pemotongan pohon ini," terang Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar Martogi Siallagan. Dari pantauan di lokasi nampak dahan pohon sudah lapuk dan rawan berjatuhan jika kondisi hujan lebat disertai angin kencang.

"Pada Proses pemotongan kami juga dibantu pihak dari PLN dan Telkom Kobar agar keamanan personil yang melakukan  penebangan terjaga dari kabel yang berada di sekitaran dahan," ujar Martogi.

Sementara itu, Martogi menjelaskan untuk pohon rawan tumbang masih ada di beberapa titik. Namun untuk penanganan akan menunggu dari DLH selaku koordinator. "Masih ada, tapi untuk kelanjutannya tetap mengikuti arahan dari dinas terkait," tandasnya.

Kejadian pohon tumbang masih sering terjadi, khususnya di wilayah Kabupaten Kobar. Apalagi jika memasuki musim penghujan yang disertai angin kencang. Jika memasuki kondisi seperti itu, diharapkan masyarakat waspada, baik yang berada di lingkungan yang dikelilingi pohon tinggi, maupun yang melintas di jalan.

"Harus tetap waspada agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan," ujar Martogi. (bpbd kobar)