Berikan Pelayanan Maksimal, Tugas Damkar Kobar Bertambah

Personil Damkar Kobar Usai Padamkan Kebakaran Permukiman

MMC Kobar - Tugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kotawaringin Barat (Damkar Kobar)  ternyata bukan hanya untuk memadamkan api pada saat terjadi kebakaran. Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) melalui Kepala Bidang (Kabdi) Pemadam Kebakaran (Damkar), Dwi Agus Suhartono, Bidang Damkar sangat siap melaksanakan tugas lain seperti animal rescue, evakuasi pohon tumbang atau tugas lainnya berupa penyelamatan non kebakaran.

"Bukan hanya animal rescue, cincin yang susah dilepas dari jari tangan saja juga kita tangani," kata Agus diruang ruang kerjanya, Jumat (28/01).

(Baca Juga : Pemkab Kobar Raih Penghargaan Tertib Ukur Pasar Tradisional dari Kemendag RI)

Agus menambahkan, Tim Animal Rescue Bidang Damkar dapat membantu proses evakuasi beberapa jenis hewan liar seperti ular masuk rumah, evakuasi sarang tawon, menyelamatkan kucing yang terjebak dalam sumur, hingga penanganan lainnya.

Petugas Damkar Kobar mengevakuasi ular King Kobra yang masuk ke rumah warga

"Fenomena ular masuk rumah biasanya dikarenakan faktor cuaca seperti air pasang/banjir sehingga terbawa arus, atau habitatnya yang terganggu sehingga mencari mangsa seperti tikus, jadi kami harapkan agar selalu menjaga kebersihan rumah agar tidak dimasuki ular yang mencari mangsa," jelasnya.

Ditambahkannya pula, ular bisa masuk melalui sela-sela pintu dan saluran air kamar mandi/toilet. "Ada berbagai macam jenis ular yang sering di evakuasi tim animal rescue damkar kobar seperti ular kobra, king kobra, ular python, dan sawo kopi. Semua jenis ular tersebut sangat berbahaya, kita harus waspada," terangnya.

Petugas Damkar mengevakuasi sarang tawon di salah satu rumah warga

Ia juga mengimbau, jika ada hewan liar dan tidak bisa atau ragu untuk menanganinya, lebih baik segera menghubungi Damkar. Sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Warga yang membutuhkan pertolongan Damkar bisa menghubungi hotline Damkar Kobar di nomor telepon 0532 22008 atau melalui whatsapp 0812 9046 1661. Damkar kobar selalu standby 1x24 jam kapan saja diperlukan. Pelayanan Damkar GRATIS tidak dipungut biaya," pungkasnya. (rdf/edt:mri)