Berharap Mesin Zerocov Jadi Game Changer Terbukanya Peluang Usaha

Jakarta Pusat, Kominfo - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengharapkan alat sanitasi udara produk anak bangsa yang dinamakan mesin Zerocov (Zero Covid), menjadi game changer yang akan mempercepat upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Zerocov merupakan kombinasi tiga teknologi yaitu disinfektan, sinar ultraviolet, dan ion negatif. Alat tersebut merupakan game changer karena tidak hanya melindungi secara defensif tetapi juga menyerang virus dan bakteri secara aktif sehingga terbukti efektif membasmi mikroorganisme.

(Baca Juga : Sosialisasi Peningkatan Kualitas RTLH di Desa Pasir Panjang)

"Zerocov adalah hasil pengembangan invensi oleh Wirawan Darmana, Inventor sekaligus pemilik dari peternakan ayam di Ciawi, Jawa Barat, yang pada tahun 2004 mengembangkan alat inovasi yang menerapkan sistem disinfektan dan sinar ultraviolet demi melindungi ayamnya saat krisis flu burung melanda," ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutan saat menerima mesin Zerocov (Zero Covid) dari Kemenristek/BRIN, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Jumat (24/12/2021).

Pada tahun 2020, Wirawan mengembangkan alat tersebut, bekerja sama dengan periset dan peneliti dari Pusat Riset Elektronika dan Telekomunikasi dan Loka Penelitian Teknologi Bersih, Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Teknik BRIN, untuk manusia demi memitigasi penyebaran COVID-19. Pengujian tersebut menunjukkan hasil yang baik untuk Zerocov dapat digunakan sebagai alat sanitasi ruangan yang dapat membunuh mikroorganisme.

"Pak Wirawan cerita, beliau uji coba di tempat ibadah beliau di geraja yang beliau aktif, ternyata dalam periode selama COVID-19 ini berhasil paling tidak belum ada kasus sampai hari ini, tidak ada transisi lokal didapatkan dari tempat ibadahnya. Saya kira ini bisa menyasar di tempat ibadah lainnya. Di sinilah -game changer_-nya, kita ingin lebih sehat pascapandemi, ingin masyarakat kita lebih kuat, inilah yang sangat membanggakan," ujar Sandiaga.

Zerocov juga telah mendapatkan Surat Keterangan produk sebagai Evaporative Air Cooler dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sesuai dengan Permenkes RI Nomor 62 Tahun 2017 tentang Izin Edar Alat Kesehatan, Alat Kesehatan Diagnostik In Vitro, dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga.

Menteri Sandiaga berharap mesin Zerocov dapat memberikan kontribusi dan manfaat besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di industri perhotelan & Meeting, Incentive, Conference and Exhibition (MICE).

"Nanti mesin Zerocov ini kita akan persyaratkan bagi event G20, Word Tourism Day yang akan di sini juga, dan kegiatan lain yang akan kita lakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menparekraf mengajak stakeholders baik yang bergerak di sektor parekraf maupun lainnya untuk terus berinovasi, beradaptasi, serta berkolaborasi agar dapat lebih siap untuk menyambut 2022 dengan semangat yang sama yaitu kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Jangan lupa untuk bangga dengan buatan Indonesia, oleh karena itu saya mewakili pemerintah pusat mengajak seluruh stakeholder untuk berinovasi, berkolaborasi, beradaptasi bersama Zerocov. Sehingga, kita dapat menggeliatkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” ujar Sandiaga.

Turut mendampingi Menparekraf, Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis, Henky Manurung. Serta turut hadir Inventor Zerocov Inovasi Indonesia, Wirawan Darmana; Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi BRIN, Dr. Agus Haryono, M.Eng; Wakil Ketua Umum KADIN, Triawan Munaf; Ketua Umum ASPERAPI, Hosea Andreas Runkat; Ketua Bidang Ekraf HIPMI, Rano Wiharta; serta Perwakilan GIPI, Panca R Sarungu.

sumber : kominfo.go.id