Berbeda dengan Tahun 2019, Peringatan HUT ke-75 RI Lebih Sederhana 

Rapat Seksi Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-75 Tahun 2020 Tingkat Kobar yang dipimpin Sekretaris Kesbangpol Amir Mchmud, S.STP, Msi di Aula Badan Kesbangpol pada hari Jum'at (24/7). (kesbangpol kobar)

MMC Kobar - Pada Jumat (24/7), bertempat di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kobar telah dilakukan rapat dari seksi upacara sebagai tindak lanjut pembentukan Panitia HUT RI ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 di Kabupaten Kobar.

Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Badan Kesbangpol dihadiri oleh Kepala Dispora, Perwakilan Kodim, Polres Kobar, TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Pejabat Eselon III, IV dan staf Badan Kesbangpol dan tamu undangan lainnya. Badan Kesbangpol Kobar merupakan leading sektor kegiatan upacara peringatan HUT RI ke-75 di masing-masing seksi terutama seksi upacara.

(Baca Juga : Bupati Hj Nurhidayah Lantik 262 Pejabat Eselon, Auditor dan P2UPD Lingkup Pemkab Kobar)

“Untuk tahun 2020 ini upacara memang sedikit berbeda, apalagi sekarang masih dalam pandemi Covid-19 seperti ini, jadi memang harus sesuai dengan protokol kesehatan, seluruh kegiatan rangkaian upacara direncanakan dilaksanakan secara sederhana,” tutur Sekretaris Badan Kesbangpol Kobar, Amir Machmud.

Sesuai dengan surat dari Menteri Sekretaris Negara, lanjut Amir, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di daerah dilaksanakan lebih awal sebelum pelaksanaan detik-detik Proklamasi di Jakarta. Setelah itu Bupati beserta Forkompinda dan pejabat eselon II akan bergeser ke gedung DPRD Kobar untuk melaksanakan virtual detik-detik Proklamasi di Jakarta. 

“Informasi yang bisa kami sampaikan sesuai dengan hasil rapat kita tidak melibatkan anak-anak sekolah/pelajar, mahasiswa maupun ibu-ibu, jadi kita lebih fokuskan untuk kegiatan ini lebih kepada ASN,TNI, Polri dan Satpol PP saja. Kalau undangan dari masyarakat kemungkinan besar tidak ada sesuai dengan pedoman dari pusat," kata Amir Machmud.

"Nantinya semua pejabat yang hadir pun berdiri, petugas pengibar bendera merah putih yang kebiasaan kita adalah berjumlah 45 orang sekarang hanya 3 orang diambil dari Paskibra Tahun 2019, peserta pasukan upacara itu diambil dari ASN, TNI, Polri dan Satpol PP masing-masing 20 orang," terangnya lagi.

"Rangkaian pelaksanaan kegiatan mewajibkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Kendati demikian upacara HUT RI tak mengurangi semangat, motivasi yang mencerminkan sikap cinta tanah air. Rangkaian acara upacara tetap dilaksanakan, walaupun sederhana tapi tetap penuh hikmat, dan bisa dirayakan oleh seluruh masyarakat,” pungkas Amir Machmud. (kesbangpol kobar