Baznas Kabupaten Kobar Gelar Sosialisasi Zakat di Kecamatan Arut Selatan

Sosialisasi Zakat oleh Pengurus Baznas Kab. Ktw. Barat di aula kantor Kecamatan Arut Selatan, Senin (09/03).

MMC Kobar - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan Sosialisasi tentang Zakat, Infaq dan Shodaqoh kepada ASN di lingkungan Kecamatan Arut Selatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin (09/03) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Arut Selatan yang dihadiri oleh ASN Kecamatan dan Kelurahan di wilayah Kecamatan Arut Selatan. Pada kegiatan tersebut selain dilaksanakan Sosialisasi oleh Pengurus Baznas juga diberikan siraman rohani oleh Ustadz Soefwani.

(Baca Juga : BPJS Kesehatan Pusat Berikan Apresiasi Terhadap Pelayanan JKN di RSSI Pangkalan Bun)

Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan dalam rangka menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh yang merupakan kewajiban umat Islam sesuai perintah Allah SWT dalam Al Qur’an dan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat serta berdasarkan Instruksi Bupati Kotawaringin Barat Nomor 451/07/Kesra-Masy/2019 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat, Infaq dan Shodaqoh dari ASN yang muslim di lingkungan Pemkab Kobar.

Pada kesempatan tersebut, H Suhartono Basran selaku Ketua Baznas Kabupaten Kobar menyampaikan bahwa pengelolaan zakat masih belum maksimal dikarenakan masih terdapat pihak yang belum menyadari tentang kewajiban zakat. Padahal manfaat zakat sangat besar apabila kewajiban tersebut dijalankan, salah satunya dapat mengentaskan kemiskinan.

“Potensi Zakat pada ASN Kabupaten Kotawaringin Barat sangat besar. Tercatat berdasar data pada Badan Pusat Statistik terdapat ASN di Kobar sejumlah 4.150 orang. Selama tiga tahun terakhir Baznas Kabupaten Kobar mampu menggalang zakat dan mengalami peningkatan. Pada tahun 2017 sebesar 124 juta, naik menjadi 374 Juta pada tahun 2018 dan terakhir pada tahun 2019 mengalami peningkatan mencapai 671 juta,” ujar H Suhartono Basran.

Pada kesempatan yang sama, H Suhartono Basran juga menyampaikan program prioritas Baznas, meliputi Kobar Sejahtera, Kobar Makmur, Baznas Sehat, dan Program Pendidikan serta masih ada beberapa program lainnya. Sebagai bentuk akuntabilitas dan transparasi keuangan, Baznas saat ini di audit oleh Akuntan Publik dan Audit dari sisi syariah oleh Kementrian Agama RI.

Camat Arut Selatan, H Syahruddin memberikan sambutan dan himbauan agar ASN di lingkup Kecamatan dan Kelurahan se-Kecamatan Arut Selatan yang beragama Islam agar berpartisipasi aktif dalam zakat.

“Saya menghimbau agar kita semua aktif untuk berzakat. Selain itu juga berharap kepada teman-teman ASN bisa mengkomunikasikan kepada yang lain terkait zakat ini,” kata H Syahruddin. (kec-arsel)