Bapas Kelas II Pangkalan Bun Laksanakan Penandatanganan Piagam Pencanangan ZI dan Komitmen Bersama Menuju WBBM

MMC Kobar – Reformasi Birokrasi merupakan sebuah proses perubahan yang dilaksanakan secara bertahap, sistematis dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan tata kelola pemerintahan yang good government dan clean government. Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dilaksanakan melalui Pembangunan Zona Integritas (ZI). 

Oleh karena itu sebagai tindak lanjut untuk mengawali Pembangunan ZI Balai Pemasyarakatan Kelas II Pangkalan Bun Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah melaksanakan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, Pakta Integritas dan Komitmen Bersama menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2023, Selasa (17/01). 

(Baca Juga : Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan, Bupati Hj Nurhidayah Lantik 128 Pejabat Administrator, Pengawas, Penilik dan Kepala Sekolah)

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama antara Kepala Balai Pemasyarakatan dengan Para Pejabat Struktural, Penandatanganan Pakta Integritas dan Piagam Pencanangan Pembangunan ZI Menuju WBBM Tahun 2023. 

Pelaksanaan kegiatan ini sejalan dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 11 Tahun 2022 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bersih Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Pangkalan Bun M. Arfandy dalam sambutannya menyampaikan, pencanangan pembangunan zona integritas merupakan suatu komitmen yang wajib dilaksanakan oleh seluruh pegawai. Keberhasilan membangun Zona Integritas, menurut Arfandy, sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu. 

“Untuk itu saya harap seluruh pegawai khususnya nanti tim pokja yang sudah dibentuk dapat mempersiapkan diri. Karena pada tahun ini kita akan berjuang kembali untuk meraih predikat WBBM yang penilaiannya pasti berbeda disaat kita meraih predikat WBK pada Tahun 2021,’’ ucapnya. 

Diakhir sambutannya, M.Arfandy juga mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Pencanangan ZI pada hari ini. ’’Saya ingatkan kembali bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal kita dalam pembangunan ZI menuju WBBM. Bulan-bulan berikutnya pasti lebih banyak tugas yang harus kita selesaikan, untuk itu tetap semangat dan jaga kekompakan,’’ tutupnya. (bapas pbun)