Bantuan Benih Ikan kepada Kelompok Tani Rauk Naga Desa Pasir Panjang

Pelepasan bantuan benih ikan secara simbolis oleh Bupati Kotawaringin Barat pada Kelompok Tani Rauk Naga Desa Pasir Panjang Kecamatan Arsel pada hari Rabu (10/06).

MMC Kobar - Pada Rabu (10/06) Kelompok Tani Rauk Naga Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan (Arsel) menerima bantuan benih ikan dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas PUPR bekerjasama dengan Dinas Perikanan sebagai pelaksanaan Gerakan Pemanfaatan Embung melalui Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung.

Bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Kobar pada acara pelepasan benih ikan bertempat di kolam Rauk Naga Jalan Tranlik RT 11 Desa Pasir Panjang. Bantuan benih ikan tersebut meliputi benih ikan lele, mas, patin dan nila yang diserahkan kepada Kelompok Tani Rauk Naga pada kolam dengan ukuran 35 x 50 meter.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Gelar Upacara Bendera Memperingati Hari Otonomi Daerah XXVIII)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perikanan, Camat Arsel, Kepala Desa Pasir Panjang, Kepala Adat, Ketua BPD Pasir Panjang beserta anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta anggota Kelompok Tani Rauk Raga. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan tentang physical and social distancing.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Pasir Panjang Tamel O, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten melalui dinas terkait atas bantuan benih ikan. Hal ini sebagai upaya pemerintah dalam rangka pemberdayaan masyarakat khususnya di sektor perikanan. Sehingga masyarakat dapat menambah penghasilan dan meningkatkan taraf hidup.

“Saya atas nama Pemerintah Desa Pasir Panjang menyampaikan terima kasih atas kepedulian Pemerintah Kabupaten memberikan bantuan benih ikan kepada kelompok tani melalui Dinas terkait. Melalui bantuan ini warga dapat menambah penghasilan dan meningkatkan taraf hidup warga masyarakat," kata Tamel O.

Disamping itu, juga menyampaikan harapan agar bantuan dapat berlanjut bagi kelompok tani lainnya untuk mengelola kolam yang ada dikarenakan masih terdapat banyak kolam warga yang belum dapat dimanfaatkan secara maksimal karena terkendala dana.

“Kami berharap agar bantuan seperti ini terus bergulir. Masih banyak kolam warga yang terbengkalai. Bukan karena sengaja tidak diurus namun terkendala dana. Paling tidak ada sepuluh kolam warga di RT 01 - RT 02, belum lagi di RT lain. Oleh karena itu Pemerintah Desa akan mengupayakan untuk menambah jumlah bantuan benih ikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Kobar Hj Nurhidayah dalam sambutannya sangat mengapresiasi kerjasama antar OPD pada kegiatan Gerakan Pemanfataan Embung Melalui Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat lokal dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

”Saya sangat mengapresiasi adanya kerjasama antar OPD dalam rangka pemberdayaan masyarakat terutama bagi petani keramba apung melalui bantuan benih ikan. Bantuan tersebut sangat membantu masyarakat apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Harapannya semoga nantinya bisa menjadi penyokong ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Kobar,” kata Hj Nurhidayah. (kec-arsel)