Bangun Kemitraan bersama Ormas, Badan Kesbangpol Kobar Terima Kunjungan Dewan Pengurus Pusat Betang Mandau Talawang

Kepala Badan Kesbangpol, Edie Faganti saat memberikan arahan dan nasehat yang merupakan salah satu bentuk pembinaan ke Organisasi Kemasyarakatan Betang Mandau Talawang (BMT) di Ruang Kerja Kepala Badan, Kamis (8/6/2023)

MMC Kobar - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Edie Faganti menerima kunjungan dari Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Betang Mandau Talawang (BMT), Kamis (8/6/). 

Rombongan DPP BMT dipimpin langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Kristianto D. Tundjang bersama Ketua Harian Norman dan A’an Suryadi, Wakil ketua harian Gatot, beserta pengurus inti harian lainnya diterima di ruang kerja Kepala Badan Kesbangpol Kobar.

(Baca Juga : Berikan Kemudahan Berusaha, DPMPTSP Kobar Buka Layanan LaPer bOSS pada Kobar Expo 2022)

Dalam kunjungan tersebut Kepala Badan Kesbangpol Edie Faganti mengapresiasi ormas BMT yang melaporkan keberadaannya di wilayah Pemkab Kobar. Karena sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2016 tentang Organisasi Kemasyarakatan, yang tertuang di dalam pasal 9 bahwa ormas yang telah mendapatkan pengesahan badan hukum harus melaporkan keberadaan kepengurusannya di daerah.

“Melaporkan keberadaan ormas sekaligus silaturahmi yang dilakukan oleh kawan-kawan dari Ormas BMT adalah bagian dalam rangka membangun hubungan yang positif antara pemerintah daerah dan ormas. Sehingga kita bisa bersinergi bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Barat,” kata Edie.

Ketua Umum DPP BMT Kristianto D. Tunjang beserta pengurus inti saat menyerahkan Bendera pataka ormas sebagai simbol jati diri ormas dan cindera mata kepada Kepala Badan Kesbangpol, Edie Faganti, Kamis (8/6)

Edie juga mengatakan, ormas dan LSM merupakan mitra pemerintah daerah yang bisa tumbuh dan berkembang sesuai aturan dan regulasi, karena merupakan potensi atau aset yang di miliki daerah yang diharapkan nantinya bisa bersinergi dalam mewujudkan cita-cita bersama yang tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat.

“Salah satu bentuk pengawasan dan pembinaan terhadap ormas maupun LSM kami selalu mengajak seluruh ormas, untuk sejajar dan seiring sejalan dengan pemerintah daerah dalam memberikan pendapat dan pikiran yang dituangkan secara arif bijaksana dalam mendukung peran pemerintah,” harap Edie.

Keberadaan ormas, lanjut Edie, merupakan perwujudan kebebasan berserikat dan berkumpul untuk menyampaikan pendapat terhadap kemajuan terhadap daerah serta mampu menjembatani antara kepentingan masyarakat dan pemerintah.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum DPP BMT Kristianto D. Tundjang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Badan Kesbangpol atas sambutan yang penuh dengan semangat kekeluargaan.

“Kami sangat berterima kasih atas semua nasehat, wejangan, dan arahan dari Bapak Kepala Badan yang akan kami gunakan sebagai panutan dalam mengedepankan hubungan sosial bermasyarakat, sebagai dasar ormas yang beradat dan beradab tanpa meninggalkan ciri khas kearifan lokal dan adat budaya Dayak yang merupakan kehormatan dan jati diri kami,” ucap Kristianto. (humas kesbangpol)