Badan Kesbangpol Provinsi Berikan Pendidkan Politik Kebangsaan kepada Mahasiswa Kobar

Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti duduk bersama Kabid Poldagri Kesbangpol Prop. Kalteng Mulyo Suharto saat pembukaan acara Pendidikan Politik Kebangsaan di Aula Antakusuma Pangkalan Bun, Selasa (13/6).

MMC Kobar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Kebangsaan dengan tema “Peran Akti Generasi Muda dalam Mensukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024”, Selasa (13/6).

Bertempat di Aula Antakusuma Pangkalan Bun, kegiatan ini diikuti perwakilan mahasiswa Kobar yang berasal dari Untama Pangkalan Bun, Stikes BCM Pangkalan Bun, STITNA Pangkalan Bun. Hadir sebagai narasumber yaitu Kaban Kesbangpol Kobar, Edie Faganti dan Kabid Poldagri Kesbangpol Provinsi Kalteng, Mulyo Suharto.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Ikuti Rakor Tata Kelola Pelayanan Publik bersama KPK RI)

Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti dalam sambutannya menegaskan, pendidikan politik diperlukan terutama untuk mendidik generasi muda yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. 

“Untuk itu, diharapkan peran serta generasi muda untuk berperan aktif dan turut menyukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024 dengan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani masing-masing,” ujar Edie.

para peserta Pendidkan Politik Kebangsaan saat menyimak paparan Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti di Aula Antakusuma Pangkalan Bun, Selasa (13/6).

“Masa depan demokrasi Indonesia ada ditangan generasi muda, suara dari generesai muda yang akan memegang kendali masa depan bangsa ini,” sambung Edie.

Lebih lanjut Edi mengatakan, kehadiran generasi muda dalam politik merupakan suatu keniscayaan yang perlu dilakukan karena sebagai pengganti tongkat estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang. Untuk itu, pihaknya berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan politik dikalangan generasi muda dalam rangka mewujudkan demokrasi yang baik.

Sementara itu, mewakili Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng, Kabid Poldagri Mulyo Suharto mengatakan, Pemprov Kalteng dan Pemkab Kobar mempunyai kewajiban dalam pembinaan politik di daerah. Melalui kegiatan pendidikan politik kebangsaan ini diharapkan nantinya dapat menghasilkan generasi muda yang memiliki kecerdasan politik tidak hanya menjadi obyek dalam pesta demokrasi, namun menjadi subyek yang kritis dalam menentukan pilihan politik sekaligus menjadi pendorong pendewasaan politik.

“Perlu saya ingatkan bahwa pada tahun 2024 yang akan datang kabupaten dan kota termasuk Kabupaten Kotawaringin Barat bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan menggelar dua agenda besar pemerintah. Pertama, Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024,” kata Suharto.

“Dan kedua, pilkada serentak seluruh Indonesia, baik Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati/Wakil Bupati serta Wali kota/Wakil Wali Kota yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024,” imbuhnya.

Kegiatan juga dihadiri Sekretaris Kesbangpol Kobar Iman Wahyudi, Kabid Poldagri Kesbangpol Kobar Geger Suharmono, Pejabat Fungsional dan Staff dari Kesbangpol Provinsi Kalteng dan Kesbangpol Kobar. (humas kesbangpol) 

Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti saat memberikan paparan pada acara Pendidikan Politik Kebangsaan di Aula Antakusuma Pangkalan Bun, Selasa (13/6).