Badan Kesbangpol Kobar mulai Laksanakan Seleksi Paskibraka 2024

MMC Kobar – Para Pelajar SMA/SMK sederajat se-Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang telah mendaftar online dan dinyatakan lulus administrasi, serta ujian online meliputi Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) kembali mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tahun 2024 di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (kobar), Rabu (6/3/2024).

Adapun tahapan yang diikuti kali ini adalah tes kesehatan yang meliputi tes pemeriksaan fisik dan tes kehamilan (bagi wanita) yang dilakukan bersama oleh Tim Medis dari Puskesmas Arut Selatan dengan diikuti sebanyak 92 orang Calon Paskibraka tingkat Kabupaten Kobar tahun 2024.

(Baca Juga : Vicon Percepatan Penginputan Aplikasi Siskeudes 2020)

Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti mengucapkan selamat kepada para siswa – siswi yang terpilih untuk menjadi peserta seleksi calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Kobar, sekaligus nantinya dapat terpilih untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Nasional tahun 2024.

Kaban Kesbangpol Kobar (Edie Faganti) saat memberikan arahan kepada calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tahun 2024 di Aula Kantor Bupati Kobar, Rabu (28/2/2024).
Para Pelajar SMA/SMK sederajat se- Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersiap mengikuti tes kesehatan di Kantor Badan Kesbangpol Kobar, Rabu (6/3/2024).

“Kepada anak-anak peserta calon Paskibraka agar dapat mengikuti seleksi secara serius, siapkan mental dan fisik kalian serta juga kesehatan selama seleksi berlangsung. Besar harapan kami, kepada kalian agar menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa,” pesan Edie.

“Pertahankanlah kedekatan, persaudaraan, dan kekompakan ketika kalian terpilih, teruslah melangkah kedepan, menapaki perjalanan karir menuju masa depan yang lebih baik,” imbuhnya.

Selain itu Edie juga menyampaikan, Paskibraka merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila, tidak disiapkan sebatas untuk menaikkan dan menurunkan bendera pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Semoga  kalian sukses mengikuti seleksi Paskibraka dengan baik, karena hari ini kita melakukan tahapan seleksi calon peserta Paskibraka, dengan harapan mampu menjadi pengibar bendera Sang Merah Putih terbaik yang akan ditugaskan di Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bahkan ke tingkat nasional," katanya.

Seleksi calon peserta Paskibraka dilakukan secara berjenjang sesuai arahan dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) dengan tahapan dimulai dari seleksi administrasi, seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi intelensia umum, seleksi kesehatan, seleksi parade, seleksi peraturan baris-berbaris dan kesamaptaan, seleksi kepribadian dan hasil akhir dengan melibatkan unsur dari TNI dan Polri, Dinas Kesehatan dan Purna Paskibraka.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka, Pembentukan Paskibraka bahwa sistem pembinaan dalam pemusatan pendidikan dan pelatihan terdiri dari pembelajaran aktif ideologi Pancasila dan pemantapan nilai wawasan kebangsaan, pelatihan yang terdiri dari pelatihan kepemimpinan dan pelatihan baris-berbaris, serta pengasuhan untuk membentuk generasi yang tangguh, mandiri, dan berkarakter Pancasila. (Humas Kesbangpol)

calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tahun 2024 saat mengikuti tes kesehatan di Kantor Badan Kesbangpol Kobar, Rabu (6/3/2024).