Badan Kesbangpol Kobar Hadiri Pembukaan Muscab IX DPC PPP Kabupaten Kobar

(Foto bersama) - Para tamu undangan pembukaan Muscab IX DPC PPP Kabupaten Kobar di Kantor DPC PPP, Selasa (14/9). (kesbangpol kobar)

MMC Kobar – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan Musyawarah Cabang (Muscab) IX di Kantor DPC PPP Kabupaten Kobar pada Selasa (14/9). Acara tersebut digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan jumlah peserta yang terbatas karena saat ini masih pandemi Covid-19. Hal itu dilakukan sebagai upaya mendukung pemerintah, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kobar yang diwakili oleh Kabid Politik Dalam Negeri Geger Suharmono dalam sambutannya mengatakan bahwa peran partai politik dewasa ini sangat diperlukan dalam sistem politik bangsa dan bernegara saat ini, karena menjadi poros penting dalam demoraksi. Partai politik, lanjut Geger, tidak hanya menjadi saluran partisipasi politik warga negara, tetapi juga mengintegrasikan para individu dan kelompok dalam masyarakat kedalam sistem politk.

(Baca Juga : Semangat Baru KPI Jadi Rumah Penyiaran Indonesia)

“Partai politk tidak hanya berperan dalam mempersiapkan para kader calon pemimpin terbaik pemimpin pusat maupun pemimpin daerah untuk dicalonkan melalui pemilihan umum untuk menduduki berbagai jabatan dalam lembaga legislatif atau ekskutif, tetapi juga memperjuangkan kebijakan publik berdasarkan aspirasi dan kepentingan masyarakat,” terang Geger.

“Untuk itu partai politk memerlukan sumber daya agar dapat bertahan dan mengoperasikan struktur dasar partai untuk mempresentasi rakyat, bersaing dalam pemilu, dan berkontribusi secara kreatif dalam perdebatan kebijakan publik,” sambungnya.

Ditambahkan Geger, proses politik demokrasi dimulai dengan perekrutan anggota pengurus dan acara muscab partai seperti ini atau dengan nama musyawarah lainnya sebagai media ajang untuk melihat potensi anggota partai yang mempunyai potensi kepemimpin yang diperlukan oleh partai itu sendiri, dengan mengedepankan kebutuhan serta tuntutan pemimpin yang dinginkan oleh masyarakat saat ini. “Sehingga harapan besar masyarakat kepada partai untuk dapat melaksanakan fungsinya, baik sebagai jembatan antara masyarakat dengan pemerintah maupun sebagai peserta pemilu,” tuturnya.

Lebih lanjut Geger menjelaskan bahwa Badan Kesbangpol Kobar selaku kepanjangan tangan Bupati tidak berpihak kepada satu partai manapun. “Kami berdiri bersama-sama di tengah semua partai demi suksesnya Pemilu serentak Tahun 2024, yang persiapannya sudah dimulai dari sekarang, baik dukungan dana, aturan serta mendukung perolehan suara sebanyak banyaknya semua peserta Pemilu nantinya secara transparan, jujur dan adil,” ungkapnya.

“Kami staf dan karyawan Badan Kesbangpol Kobar, saat rangkaian panjang pelaksanaan pemilu serentak akan lebih intensif berkordinasi dengan semua partai peserta pemilu, juga institusi seperti KPU, Bawaslu juga Panwaslu dan pihak TNI/Polri demi suksesnya pelaksanaan Pemilu serentak tersebut,” pungkasnya.

Muscab IX DPC PPP Kobar dihadiri Asisten Administrasi Umum Setda Kobar Syahrudin, Ketua DPC PPP Kobar Nahwani beserta pengurus, Penasehat DPC PPP H. Darmawan, Sekretaris DPW PPP Provinsi Kalteng, Ketua DPD Partai Nasdem Kobar, Perwakilan Partai Politik dan Pengurus PPP Kecamatan se-Kabupaten Kobar. (badan kesbangpol kobar)