Badan Kesbangpol Kobar Adakan Rakor dengan Pengurus Ormas/LSM

(Foto Bersama) – Kepala Badan Kesbangpol Kobar Drs. Edie Faganti bersama dengan Tim Pengawasan Ormas Kobar dengan peserta rapat berasal dari Pengurus Ormas/LSM yang ada di halaman Kantor Kesbangpol Kobar usai rakor pada Selasa (30/11).

MMC Kobar - Pada Selasa (30/11) bertempat di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) pertemuan rutin dengan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas)/LSM Kobar Tahun 2021. Kegiatan dihadiri oleh Kaban Kesbangpol Kobar, Edie Faganti, perwakilan dari Polres Kobar, Kodim 1014/Pbn dan Kejaksaan Negeri Kobar yang tergabung dalam Tim Pengawasan Ormas Kobar dengan peserta rapat berasal dari pengurus ormas/LSM yang ada di Kobar.

Edy Faganti mengatakan, ormas/LSM adalah tongkat estafet kemerdekaan sebagai garda terdepan dalam perjuangan memerdekakan bangsa ini, maka hadirlah Sumpah Pemuda. “Untuk itu semua ormas/LSM yang ada di Kobar ini harus dapat menjadi tauladan dalam masyarakat serta dapat mendorong pembangunan dan menjaga kamtibmas demi terciptanya cita-cita luhur dari para pejuang kita,” ucap Edie.

(Baca Juga : Peringatan Hari Pohon Sedunia, Bupati Hj Nurhidayah Pimpin Penanaman 1.000 Pohon dan Buah Lokal)

Edie, menjelaskan bahwa hak berserikat dan berkumpul diatur oleh Undang-Undang (UU), dan merupakan Hak Asasi Manusia (HAM). Menurutnya, wadah dalam menjalankan kebebasan berpendapat salah satunya adalah ormas. Tujuannya bisa membantu bekerja sama dengan pemerintah dalam menjalankan pembangunan.

“Rapat ini rutin digelar dengan tujuan mempererat tali silaturahmi antara ormas/LSM dengan pemerintah daerah maupun antar sesama ormas/LSM,” ujarnya.

“Kesimpulan pada rapat ini diantaranya agar setiap ormas dapat melaporkan kegiatannya secara rutin ke Kantor Badan Kesbangpol setiap 6 bulan, Kemudian, ormas/LSM di Kobar agar jangan terpengaruh dengan isu-isu yang ada di luar Kobar dan ormas/LSM dapat menginisiasi pertemuan antar ormas/LSM pada pertemuan berikutnya untuk menjaga dan meningkatkan tali silaturahmi antar ormas/LSM di Kobar,” pungkasnya.  (badan kesbangpol kobar)