Aba Ambo Kobar Ukir Prestasi pada Pemilihan Jagau Bawi Nyai Kalteng 2023

MMC Kobar - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke – 66 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Kalteng menggelar kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) pada tanggal 22-27 Mei 2023. FBIM 2023 yang juga masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) ini mengusung tema “The Beauty of Diversity”. 

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pariwisata turut berpatisipasi pada FBIM 2023 ini. Salah satunya dengan mengirimkan Aba Ambo Kobar tahun 2022 untuk mengikuti cabang lomba Jagau Bawi Nyai Pariwisata (JBNP) Kalimantan Tengah 2023.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Dorong Pengembangan Wisata )

Setelah mengikuti berbagai tahapan seleksi penilaian, pada malam Grand Final pemilihan JBNP 2023, Jumat (26/5), Ambo Kobar 2022 Marcelina Elgiven Paendong terpilih sebagai Bawi Nyai Pariwisata Kalteng 2023 dan Aba Kobar Muhammad Fajrin Ariyza terpilih sebagai Wakil I Jagau Pariwisata Kalteng.

Pemkab Kobar melalui Kepala Dinas Pariwisata Wahyudi menyampaikan kebanggaannya atas raihan prestasi keduanya. Wahyudi berpesan agar mereka bisa menjalankan tugas sebagai duta pariwisata Kalimantan Tengah itu sebaik-baiknya.

“Semoga Aba Ambo Kobar tersebut mampu menjalankan tugas sebagai duta pariwisata Kalimantan Tengah. Namun tidak melupakan pendidikan sebagai bekal masa depan keduanya,” ucap Wahyudi.

Pemilihan Jagau Bawi Nyai Pariwisata 2023 bertujuan untuk mencari putra-putri/kaum milenial di kabupaten/kota untuk terlibat dalam mempromosikan Daya Tarik Wisata Unggulan di Kalimantan Tengah. 

Pemilihan Jagau Bawi Nyai Pariwisata juga sebagai sarana menjaring potensi serta menyeleksi duta wisata yang akan mewakili Kalimantan Tengah dalam Ajang Pemilihan Duta Bidang Pariwisata Tingkat Nasional. Penilaian meliputi masa karantina, Interview, tes tertulis, unjuk bakat seni dan Grand Final.

Persiapan perwakilan Kobar yaitu Muhammad Fajrin Ariyza dan Marcelina Elgiven Paendong dimulai sejak mereka dinobatkan sebagai Aba Ambo Kobar 2023. Pada awal tahun Aba Ambo Kobar juga dibimbing dan digembleng oleh mentor-mentor untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Duta Pariwisata. (dispar kobar)

Salam Pesona Indonesia, Bangga Berwisata di Indonesia Aja..