76 Ribu Anak Akan di Imunisasi MR

MMC Kobar - Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar acara advokasi dan sosialisasi kampanye measles rubella (MR) di Kantor Bupati Kobar Senin (16/7). Dimana Pemkab Kobar sendiri telah menargetkan imunisasi campak dan rubella ini mencapai 76 ribu anak dari usia sembilan bulan sampai 15 tahun.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah mengatakan, imunisasi MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Program ini bertujuan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella.

(Baca Juga : Tingkatkan Nilai SAKIP, Pemkab Kobar Gelar FGD bersama Universitas Brawijaya)

"Pelaksanaan imunisasi MR di Kobar dilakukan mulai bulan Agustus sampai September 2018. Kami harap seluruh pihak dapat mensukseskan imunisasi MR di Kobar," kata Wakil Bupati Ahmadi Riansyah.

Lebih lanjut, vaksin ini diberikan secara gratis. Dimana vaksin untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi atau keterlambatan perkembangan mental.

"Campak dan rubella ini merupakan infeksi menular melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini bisa menyebabkan kecacatan hingga kematian," jelasnya.

Program imunisasi merupakan salah satu program yang masuk dalam proyek prioritas nasional kesehatan. Sehingga para ibu-ibu agar memperhatikan anaknya dan ikut melakukan imunisasi MR.

Pemkab Kobar juga menargetkan 76 ribu anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun diimunisasi MR. Dimana program ini bukan pekerjaan mudah karena luasnya Kabupaten Kobar.

"Maka butuh keseriusan bersama untuk mensukseskan program ini. Dari target tersebut kami yakin 95 persen bisa tercapai," jelasnya.

Nantinya masyarakat Kobar bisa memanfaatkan pusat layanan kesehatan dan pos layanan terpadu. Bahkan Dinas Kesehatan Kobar juga siap jemput bola untuk melakukan imunisasi MR.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kobar harus gencar melakukan sosialisasi imunisasi MR. Sehingga program ini dapat diketahui oleh seluruh masyarakat khususnya yang mempunyai anak usia sembilan sampai 15 tahun. (Humas Diskominfo Kobar)