71 Desa Sudah Bentuk BUMDes

MMC Kobar - Balai Latihan Masyarakat (Balatmas) Banjarmasin dan Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berlangsung mulai tanggal 18 April hingga 23 April 2018 di Hotel Mahkota Pangkalan Bun, diikuti oleh pengurus BUMDes dari delapan desa pesisir di Wilayah Kecamatan Kumai.

Pelatihan ini bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan pengelolaan BUMDes untuk meningkatkan perekonomian desa pesisir di Wilayah Kecamatan Kumai.

(Baca Juga : Permudah Pelayanan, Bappeda Kobar Launching Buku Tamu Elektronik)

“Pelatihan ini dalam rangka mendukung kegiatan Kementerian Desa untuk meningkatkan pengetahuan terkait dengan pengelolaan BUMDes, mulai dari pra pendirian, pendirian, kemudian pengelolaan, pemasaran sampai kepada pembukuan dan akuntansinya. Setelah mengikuti pelatihan ini para pengurus BUMDes diharapkan bisa menjalankan usahanya sesuai dengan harapan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat khususnya Kecamatan Kumai,” terang Muhammad Yusnadi Fazriani dari Balatmas Banjarmasin.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi dan Masyarakat Dinas PMD Kobar, Roomhendi Mustafa, mengatakan bahwa arah pengembangan BUMDes di Kabupaten Kobar disesuaikan dengan potensi masing-masing desa.

“Kalau untuk pengembangan BUMDes ini sendiri kita melihat potensi di wilayah masing-masing desa, terutama ini khusus pesisir potensinya kan wisata yang paling banyak, diikuti dengan agronya juga ada, dan perikanan, ini juga ada di Kecamatan Kumai,” katanya.

Roomhendi juga menjelaskan keberadaan BUMDes saat ini, dari 81 desa yang ada di Kabupaten Kobar sudah terbentuk 71 BUMDes di tiap-tiap desa, dan yang sangat membanggakan dimana salah satu dari BUMDes tersebut telah berprestasi sampai ke Tingkat Nasional.

“Kita di Kabupaten Kotawaringin Barat saat ini sudah ada 71 desa yang sudah terbentuk BUMDes nya dari 81 desa seluruh Kobar, dan Alhamdulillah dari seluruh BUMDes yang terbentuk itu ada satu BUMDes yang sudah menunjukan nama harumnya di Tingkat Nasional yaitu BUMDes Karya Jaya Abadi di Desa Amin Jaya Kecamatan Pangkalan Banteng,” bebernya.

Ia pun menambahkan, dengan pelatihan ini BUMDes yang ada di wilayah Kecamatan Kumai dapat meningkatkan kapasitas pengelolaan kelembagaan dan unit-unit usahanya.

“Harapan kita dengan adanya pelatihan dari Balai Latihan Masyarakat ini, kita mengharapkan BUMDes BUMDes yang ada di Kobar mendapatkan tambahan pengetahuan dan wawasan sebagai bekal untuk pengelolaan BUMDes kedepan,” ujarnya. (Humas Diskominfo Kobar)