31 Kepala Sekolah se-Kobar Ikuti Diklat In Service Training 1

Kepala Disdikbud Kabupaten Kobar Rustam Effendi memberikan sambutan sekaligus membuka Diklat Kepsek In Service Training 1 di Hotel Andika Pangkalan Bun, Kamis (2/9)

MMC Kobar - Sebanyak 31 orang Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Kamis (2/9) mengikuti Diklat Kepala Sekolah In Service Training 1. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Andika Pangkalan Bun ini digelar selama 5 hari mulai tanggal 2-6 September 2021.

Pelaksanaan Diklat kepala sekolah ini dalam rangka membekali mereka yang telah lulus pada seleksi Calon Kepala Sekolah yang dilaksanakan pada tahun 2019 lalu berdasarkan surat dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) Solo nomor : 7140/B18/PP/2019. Selain itu Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penguatan Kepala Sekolah merupakan program pelatihan bagi kepala sekolah yang sedang menjabat.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Luncurkan Aplikasi Pendaftaran Vaksinasi Berbasis Android)

Program ini dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (Dit PPPGTK) dalam rangka melaksanakan amanah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah Bab XI Ketentuan Peralihan Pasal 21.

“Kami berharap para peserta Diklat dapat seluruhnya menyelesaikan diklat dengan maksimal dan hasil yang memuaskan. Dan juga bagi setiap kepala sekolah yang telah mengikuti diklat diharapkan dapat berimbas positif bagi satuan pendidikan yang dipimpinnya agar lebih maju lagi,” ujar Kepala Disdikbud Kobar, Rustam Effendi dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan tersebut pada Kamis (02/09).

Menurut Rustam, keberadaan kepala sekolah yang berkualitas dan memenuhi kompentensi sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan, terkait dengan peningkatan mutu dan kualitas prestasi anak didik di masa yang akan datang. Seorang kepsek harus memenuhi kompentensi manajerial, kompentensi kewirausahaan dan kompentensi supervisi.

“Itulah sebabnya Pemkab Kobar melalui Disdikbud sangat serius dalam membangun dunia pendidikan Kobar. Berulang kali Bupati Nurhidayah dalam berbagai kesemapatan, selalu menekan pembangunan SDM di Kobar harus ditingkatkan melalui bidang pendidikan dan kesehatan,” imbuh Rustam. (disdikbud kobar)